Apa Itu Teks Eksplanasi

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian untuk lebih memahami Apa Itu Teks Eksplanasi dan beberapa contoh Apa Itu Teks Eksplanasi.

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Eksplanasi menurut bahasa artinya menjelaskan, dimana eksplanasi merupakan kata serapan dalam bahasa inggris “Explanation” yang artinya menjelaskan, sedangkan untuk arti dari teks eksplanasi adalah sebuah teks atau bacaan yang menjelaskan sebuah fenomena dari penyebab hingga akibat yang ditimbulkan baik fenomena alam atau pun fenomena sosial dan fenomena yang lain. Secara garis besarnya teks ekplanasion merupakan sebuah teks penjelasan atau uraian tentang sebab akibat.

Tujuan dalam pembuatan sebuah teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengenai sesuatu fenomena yang sedang atau sudah terjadi, dan juga penjelasan mengenai sebab akibat yang ditimbulkan oleh fenomena tersebut.

Ciri Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri dari teks ekplanasi yang dikutip dari website cimacnoticias, dimana ciri-ciri dari teks ekplanasi berbeda dengan teks deskripsi, berikut ini ciri dari teks ekplanasi

  1. Memiliki sebuah struktur yaitu pernyataan umum, urutan kejadian sebab akibat, dan juga interpretasi kejadian
  2. Informasi yang diuraikan di dalam teks ekplanasi merupakan sebuah fakta
  3. Informasi yang diuraikan dalam teks eksplanasi adalah informasi yang bersifat ilmiah
  4. Sifat dari teks eksplanasi adalah memberikan informasi yang informasif kepada pembaca, tidak untuk mendukung agar teks tersebut di percayai oleh pembaca
  5. Ciri yang paling terlihat adalah menggunakan kata-kata pertama, kedua, ketiga, atau seperti pertama, berikutnya dan yang terakhir.

Struktus Teks Eksplanasi

Setelah kita mengetahui ciri dari teks eksplanasi, ada 3 struktur yang ada dalam teks eksplanasi untuk bisa membuat sebuah teks eksplanasi yang utuh.

  1. Pernyataan umum, diawal sebuah paragraf dari teks eksplanasi merupakan sebuah pernyataan umun mengenai fenomena yang terjadi.
  2. Urutan sebab akibat, dalam teks atau paragraf berikutnya mengandung isi atau penjelasan mengenai sebab akibat yang bisa ditimbulkan dari paragraf pertama atau penjelasan dari pernyataan umum
  3. Interpretasi atau kesimpulan, merupakan sebuah garis besar atau benang merah dari penjelasan yang sudah diuraikan dua struktur pernyataan umum dan urutan sebab akibat

Kaidah Penulisan Teks Eksplanasi

Kemudian untuk kaidah kebahasaan dari teks eksplanasi itu sendiri memiliki beberapa kaidah yang harus dipenuhi antara lain

  1. Fokus atau penjelasan yang akan dibicarakan merupakan penjelasan tentang hal yang bersifat umum bukan mengenai manusia
  2. Kemungkinan besar dalam sebuah teks eksplanasi menggunakan kata-kata ilmiah
  3. Penggunaan jenis dari kata kerja yang digunakan biasanya menggunakan kata kerja aktif
  4. Penggunaan kata atau konjungsi waktu dan kausal dalam sebuah teks eksplanasi seperti, pertama, kemudian, terakhir, bila, jika, dan kemudian.
  5. Penggunaan jenis kalimatnya adalah menggunakan kalimat pasif
  6. Dalam menuliskan sebuah teks eksplanasi memberikan sebuah justifikasi bahwa yang telah dijelaskan tadi adalah sebuah kebenaran

Contoh Teks Eksplanasi

Agar kita bisa lebih mengetahui apa itu teks eksplanasi, akan lebih jelas jika kita mengetahui beberapa contoh dari sebuah teks eksplanasi. Berikut ini contoh dari sebuah teks eksplanasi.

Gerhana Matahari

  1. Pernyataan pembuka (Pernyataan Umum)

Gerhana Matahari adalah sebuah fenomena alam yang sangat jarang kita jumpai, namun terkadang dalam satu tahun hanya ada dua kali gerhana matahari saja. Peristiwa alam atau fenomena alam ini terjadi jika posisi matahari terhalang oleh bulan dan bayangan dari bulan yang menutupi matahari tersebut mencapai bumi. Namun daerah dari oposisi bulan tersebut memiliki cakupan yang tidak terlalu luas.

Cakupan dari daerah di bumi akibat dari bayangan bulan yang menutupi matahari ini mengakibatkan bagian dari bumi yang tidak terhalang bayangan bulan akan mendapati fenomena gerhana matahari sebagian atau berada di dalam wilayah penumbra, sedangkan bagi wilayah yang terkena bayangan bulan secara penuh maka akan terjadi gerhana matahari total atau bisa juga matahari cincin, atau biasanya disebut wilayah umbra.

  1. Deretan penjelasan atau uraian

Fakta yang terdapat ketika sebuah fenomena matahari terjadi adalah terlihatnya sebuah cincin dimana bila dilihat dengan seksama kita bisa melihat jilatan-jilatan api matahari, ini bisa terlihat ketika kita mengalami gerhana matahari cincin dimana bulan menutupi matahari namun tidak semua sisinya, dan meninggalkan sisi pinggirnya yang menyebabkan gerhana matahari tersebut seperti cincin.

Ketika kita berada dalam bayangan utama atau umbra dimana saat itu terjadi peristiwa gelapnya daerah tersebut akan membuat kita dengan sangat jelas melihat bentuk dan warna dari matahari tersebut. Namun yang menjadi perhatian adalah ketika kita akan menikmati fenomena gerhana matahari, kita tidak boleh langsung menatap gerhana matahari tersebut, dikarenakan jika kita menatap langsung kearah gerhana matahari langsung mata kita akan rusak, maka untuk bisa menikmati gerhana matahari ini kita bisa melihatnya dengan baskom berisi air, atau menggunakan kaca mata khusus untuk menikmati gerhana matahari.

  1. Penutup atau kesimpulan

Jadi ketika matahari, bulan, dan bumi didalam sebuah garis lurus maka di bumi akan terdapat sebuah daerah yang tertutupi oleh bulan yang bernama umbra dan disana terjadi yang disebut dengan gerhana matahari total. Sedangkan untuk daerah yang masih terang atau terdapat di daerah bayangan matahari yang tidak tertutupi oleh bulan seluruhnya dinamakan penumbra yang mengalami gerhana matahari sebagian.