Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Tersebar Di 10 Lokasi, Berikut Alamat Kantor Kementerian Keuangan Dan Unitnya

Kementerian keuangan Indonesia mempunyai struktur organisasi yang luas dan terintegrasi. Namun demikian, tidak semua unit atau instansi berada pada satu lokasi saja. Jika Anda berminat untuk menjadi anggota Kemenkeu, akan lebih baik untuk ketahui lokasi dan alamat kantor kementerian keuangan dan unitnya. Tersebar di 10 lokasi yang berbeda, temukan lokasi kantor unit di bawah kementerian keuangan tersebut pada ulasan berikut ini.

Berikut Ini Adalah Alamat Kantor Pusat Dan Unit Atau Instansi Di Bawah Kemenkeu Yang Perlu Anda Tahu

  1. Alamat Kementerian Keuangan Dan Sekretariat Jenderal

Kementerian dengan slogan Nagara Dana Rakca yang berarti penjaga keuangan negara ini, berpusat di jalan Dr. Wahidin nomor 1 dan jalan Lapangan Banteng timur No. 2 โ€“ 4, Jakarta Pusat. Hampir semua unit atau instansi eselon I di bawah Kemenkeu berada di alamat ini. Lokasi yang merupakan sebuah kompleks bangunan yang saling berseberangan ini, memang ditujukan sebagai daerah khusus untuk kementerian Keuangan, termasuk gedung pusat atau utama.

Selain gedung Kemenkeu, alamat kantor kementerian ini juga digunakan oleh gedung Sekretariat Jenderal. Dengan berbagai struktur organisasi pada Kemenkeu, dan sekretariat jenderal alamat ini dirasakan cukup sesak. Karena itu, tidak sedikit pula unit atau biro yang terpencar ke daerah selain lokasi utama alamat kantor Kementerian Keuangan Gedung Djuanda ini. Telepon kantor yang tersedia adalah (021) 3449230 dan fax. (021) 3500842 / (021) 3852143.

  1. Alamat Unit Direktorat Jenderal Pajak

Terpisah dengan gedung Djuanda, unit Direktorat Jenderal Pajak berada di JL. Gatot Subroto. Tepatnya di gedung utama, kavling 40 – 42. Jakarta selatan. DKI Jakarta PO Box 12190. Badan direktorat jenderal di bawah Kemenkeu Indonesia ini bertugas untuk merumuskan dan laksanakan kebijakan dan standardisasi teknis perpajakan. DJP sendiri punya banyak kantor wilayah (33), kantor pelayanan, KPP, dan KP2KP yang tersebar di wilayah Indonesia.

  1. Alamat Unit Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) berlokasi di Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta pusat. Dengan PO Box 10710. Tepatnya berada di gedung Prijadi Praptosuhardjo I lantai II, unit eselon 1 ini membantu laksanakan fungsi bendahara negara. Dengan total 8 unit DJPb, tidak heran jika lokasi kantor ini terpencar dari alamat kantor kementerian keuangan utama. Ada pula berbagai kantor wilayah yang tersebar di banyak provinsi.

  1. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

DJKN atau Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berperan untuk rumuskan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan, piutang dan lelang negara ini juga terpencar. Terdiri dari berbagai struktur organisasi dan badan, Anda bisa temukan kantor DJKN di JL. Lapangan Banteng timur No. 2 -4, pada Gd. Syafrudin Prawiranegara. DJKN juga punya sejumlah kantor wilayah di berbagai provinsi dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

  1. Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko

Sama halnya dengan alamat Direktorat Jenderal Pengelolaan pembiayaan dan Risiko yang berada di JL. DR. Wahidin Raya No.1. Jakarta Pusat. Dengan No. telepon (021) 3855430 dan Fax. (021) 3440907, Anda bisa tanyakan berbagai informasi tambahan tentang badan ini. Bisa dibilang, badan yang juga disingkat dengan DJPRR ini bertugas mengurus keuangan di bidang pengelolaan pinjaman, hibah, risiko keuangan, hingga surat berharga milik negara.

  1. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan

Satu lagi unit yang berada di lokasi berbeda dengan alamat kantor kementerian keuangan utama adalah direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Jika Anda berhasil dapat posisi di instansi ini, Anda bisa datang ke lokasi Kantor pusat di JL. DR. Wahidin No. 1, yang tepatnya berada di gedung Radius Prawiro lantai 9. Instansi ini punya struktur organisasi lengkap sebagai penunjang peran untuk laksanakan teknis di bidang perimbangan keuangan.

  1. Alamat Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai

Berada di alamat JL. Achmad Yani By Pass, Rawamangun, menjadikan kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai cukup terpencar. Seperti namanya, instansi yang disingkat dengan DJBC atau bea cukai ini melayani masyarakat di segala bidang berkaitan dengan cukai dan kepabeanan. Miliki 3 unit kantor pelayanan utama dan total 16 unit kantor wilayah di berbagai provinsi, Anda bisa diterima di badan ini melalui jalur tes CPNS atau pendidikan kedinasan.

  1. Alamat Direktorat Jenderal Anggaran

Direktorat Jenderal Anggaran atau DJA adalah unit eselon 1 yang juga berada terpencar dengan alamat kantor kementerian keuangan. Meski tidak satu kompleks dengan kantor Kemenkeu, tapi alamat DJA berdekatan dengan DJPK. Tepatnya berada di JL. Dr. Wahidin Raya No. 1. Jakarta Pusat. Bedanya, DJA terletak di Gd. Sutikno Slamet. Anda bisa dapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi pusat layanan DJA yang tersedia di nomor (021) 34832511.

  1. Alamat Unit Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan

Seakan tidak mau kalah, BPPK atau Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan berlokasikan di daerah Kebayoran Baru Jakarta selatan. Alamat tepatnya adalah di JL. Purnawarman nomor 99. DKI Jakarta 12110. Dengan nomor telepon (021) 29054300 dan Fax. (021) 7244912, Anda bisa tanya berbagai hal berkaitan dengan kebijakan pelaksanaan pendidikan, pelatihan maupun sertifikasi gelar di bidang keuangan, seperti halnya dengan pendidikan kedinasan PKN STAN.

  1. Alamat Unit Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu

Yang terakhir, Unit Badan Kebijakan Fiskal berada di alamat DR. Wahidin Raya No.1 Jakarta Pusat. Meskipun tidak berada di kompleks utama alamat kantor kementerian keuangan, BKF ini bisa Anda temukan di dekat DJA atau DJPK. Lokasi kantor pusat BKF, tepatnya ada di gedung R.M. Notohamiprodjo. Jika Anda diterima di badan ini, Anda bisa tanyakan lokasi dengan menghubungi telepon kantor (021) 34833486 atau Fax. (021) 3848049.

Itulah beberapa lokasi dan alamat unit atau kantor yang berada di bawah kementerian keuangan. Meski tersebar di 11 lokasi, namun semuanya masih berada di Ibu kota Jakarta. Banyaknya struktur organisasi menjadi penyebab utama penyebaran lokasi kantor. Jika Anda ingin menjadi anggota PNS di Kemenkeu, lebih baik ketahui lokasi kantor terlebih dahulu. kemudian, ikut bimbel STAN agar bisa ambil jalur CPNS melalui sekolah dinas atau ikut tes CPNS.

Scroll to top