Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Apakah Anda tinggal di daerah yang memiliki komoditas kelapa namun masih belum maksimal untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan? Hasil kelapa tua memang dapat dipengaruhi oleh musim, namun bisa Anda optimalkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memanfaatkan dukungan teknologi untuk mempermudah pemasaran. Perkembangan teknologi yang semakin pesat harusnya bisa membantu Anda untuk memudahkan cara bisnis kelapa tua sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.

Table of Contents

Potensi di Balik Bisnis Kelapa Tua yang Menjanjikan

Pohon kelapa memang dikenal sebagai salah satu pohon dengan sejuta manfaat. Mulai dari bagian akar, batang, daun dan buahnya bisa dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Buah kelapa sendiri bisa dimanfaatkan baik saat masih muda ataupun sudah cukup tua. Buah kelapa tua sendiri juga dibagi ke dalam kriteria yang dibedakan dengan grade tertentu mewakili kualitasnya.

Kelapa tua sendiri, bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi berbagai bahan yang memiliki nilai jual jauh lebih tinggi. Beberapa pemanfaatan buah kelapa tua yang sudah terbilang umum saat ini diantaranya;

Sabut kelapa yang bisa dijadikan sebagai bahan baku isian bantalan jok atau tempat duduk hingga dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tali jalin untuk suvenir maupun aneka barang kerajinan.

Batok atau tempurung kelapa yang juga bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan barang kerajinan dan alat-alat rumah tangga, juga bisa diolah menjadi arang tempurung kelapa yang cukup menjanjikan untuk kelas industri.

Air kelapa pada umumnya digunakan pada industri makanan seperti pembuatan jelly, nata de coco hingga dijadikan sebagai bahan campuran pada makanan misalnya ayam pop dan masakan lain.

Daging buah kelapa digunakan sebagai bahan pembuatan coconut milk (santan kelapa ) yang juga menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan bermacam menu makanan tradisional seperti rendang dan gulai hingga menu olahan modern seperti fooding dan sebagainya. Begitu pula dengan parutannya yang juga sering digunakan sebagai pelengkap jajanan dan makanan olahan lain.

Ampas daging buah kelapa yang sudah diambil santannya pun juga masih bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sebagai pupuk alami di kebun bahkan untuk kebutuhan rumah tangga seperti untuk membersihkan lantai.

Selain itu, mungkin masih banyak lagi pemanfaatan dari buah kelapa tua tergantung pada bagaimana jauh manusia menemukan pemanfaatan. Yang jelas, buah kelapa tua menjanjikan berbagai manfaat yang membuat tingkat permintaannya terus meningkat seiring waktu. Inilah yang kemudian membuat banyak orang berminat untuk menggeluti bisnis yang satu ini. Tak peduli apakah mereka memiliki kebun sendiri, atau menjadi pengepul di daerah penghasil kelapa.

Tips Menjalankan Bisnis Kelapa Tua

Lalu apa saja yang Anda butuhkan untuk ikut meramaikan bisnis kelapa tua ini dan mampu bersaing dengan para pemain lama yang sudah bertahun-tahun dan berpengalaman di bidang yang satu ini? nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa coba Anda terapkan untuk ikut bisnis kelapa tua dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis kelapa tua ini, Anda mungkin perlu menyiapkan berbagai hal yang nantinya menunjang perjalanan sebagai seorang pemula. Nah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan atau persiapkan ini antara lain;

Niat; Anda perlu merenungi kembali niatan Anda untuk menjalani bisnis ini. Bahkan Anda juga bisa membuat catatan pribadi yang bisa Anda baca di kemudian hari, misalnya pada saat usaha Anda semakin berkembang atau sebaliknya saat usaha Anda terkesan jalan di tempat. Bisa saja niat Anda bukan sekedar berbisnis, tetapi juga menyejahterakan warga di sekitar kebun atau para petani kelapa. Niat juga akan menentukan seberapa keras Anda berusaha dan bertahan nantinya.

Jaringan; pertimbangkan untuk membuat jaringan mutualisme dengan beberapa petani (terlebih dahulu) untuk memenuhi permintaan. Hal ini karena tak jarang permintaan industri yang cenderung menuntut kuantitas yang banyak secara konsisten dengan standar kualitas tertentu. Jika Anda tidak membuat jaringan yang solid, besar kemungkinan Anda akan mengeluarkan lebih banyak modal untuk mendapatkan stok buah kelapa tua dari petani atau bahkan pengepul lain.

Analisa pasar; seperti halnya bisnis lain, mengenali pasar merupakan hal yang wajib dilakukan. Begitu pula dengan bisnis kelapa tua yang Anda geluti. Anda harus memahami apa yang diminta oleh pasar Anda. Ingat bahwa pasar ini bisa saja berbeda, meskipun sama-sama digarap oleh pebisnis kelapa tua. Hal ini karena kemampuan membaca peluang dan celah yang bisa saja berbeda masing-masing pebisnisnya.

Kreatif; seperti yang sudah dijelaskan dalam potensinya di atas, pemanfaatan kelapa tua sudah sangat beragam. Walau begitu, tak menutup kemungkinan adanya celah lain yang menyembunyikan tingkat permintaan kelapa tua yang tinggi karena luput dari pengamatan kompetitor Anda. Dengan kreativitas, Anda pun bisa membuka peluang baru yang jadi pasar baru, dengan peluang sukses yang juga lebih tinggi. Juga, jangan ragu untuk merambah pasar internasional yang mungkin mampu memanfaatkan komoditas kelapa tua dengan lebih maksimal.

Pemasaran; Anda harus melakukan pemasaran dengan memanfaatkan dukungan teknologi modern dimana internet semakin menjadi pasar yang menjanjikan untuk komoditas apapun. Meskipun barang yang Anda tawarkan adalah kelapa, jangan berpikiran bahwa pasar online bukanlah tempat Anda. Saat ini, semakin banyak industri yang mulai beralih ke pasar online untuk mendapatkan bahan baku usaha mereka. Untuk memenuhi permintaan itu, tak ada salahnya Anda belajar cara memulai bisnis online dari nol untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda hingga ke belahan bumi yang lain.

Itulah beberapa kiat dan cara bisnis kelapa tua yang bisa Anda terapkan agar usaha Anda bisa berjalan sesuai harapan sekaligus memberikan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba.

Cara Bisnis Kelapa Tua dan Tips yang Harus Anda Coba
Scroll to top