Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Rak minimalis yang nyaman dan indah, menjadi furniture yang diinginkan oleh penghuni rumah. Untuk itu, cara membuat rak dapur minimalis dari kayu merupakan hal penting yang perlu anda ketahui. Berbagai inovasi, kreasi dan ide perlu anda cari untuk mendapat hasil rak minimalis yang cantik, sehingga anda bisa membuat sendiri rak dapur yang sederhana nan minimalis. Berikut simak cara buat rak dapur minimalis untuk hunian anda.

Table of Contents

Cara Membuat Lemari Dapur Minimalis

  1. Rencanakan Desain Lemari

Tebal atau kedalaman standar lemari adalah 62.5 cm. Lemarinya sendiri memiliki diameter 60 cm dan 2.5cm untuk lidahnya. Sedangkan untuk tinggi standarnya adalah 90 cm, dengan tinggi dalam lemarinya sendiri sekitar 86.3 cm, sisanya adalah tinggi materialnya. Untuk lemari dinding, tambahkan tinggi 45-50 cm. Untuk sisi pada ruang di antara jarak tersebut dan langit-langit wajar disiapkan untuk lemari gantung.

Lebar dari rak tersebut adalah antara 30-150 cm, tapi biasanya dibuat kelipatan 7.5 cm. Dan untuk ukuran standarnya adalah 37.5 cm, 45 cm, 52.5 cm dan 60 cm. Jangan lupa hitung ukuran pintu lemari yang anda inginkan ketika merencanakan lebar lemari. Sebelum anda memulai membuat lemari maka desain dan konsep rak yang akan anda buat untuk memudahkan ketika proses pengerjaan.

  1. Potong Papan Untuk Bagian Samping

Jika anda sudah membuat desain lemari dapur yang akan anda buat maka langkah selanjutnya yaitu potong papan MDF 1.9 cm, kayu lapis atau kayu lain. Karena bagian samping tidak akan terlihat, penampilan material tidak penting, yang penting kekuatan dan ketahanannya. Panel kayu ini ukurannya 86.25 cm dan lebarnya 60 cm. Jepit dua papan menggunakan gergaji untuk memotong segi panjang kecil 7.5×13.75 cm di sudut panel.

Untuk membuat lemari gantung atau dinding, ukurannya seharusnya sesuai selera. Kedalaman standar sekitar 30-35 cm. Tingginya tergantung keperluan anda dan tinggi langit-langit. Buatlah lekukan ke dalam (toe kick) di bagian bawah lemari tidak diperlukan untuk lemari gantung. Anda juga dapat menyesuaikan dengan konsep yang telah dibuat apakah akan membuat rak gantung  atau biasa.

  1. Potong Kayu Untuk Bagian Dasar Lemari

Cara buat rak dapur selanjutnya yaitu adalah potong kayu yang akan dijadikan sebagai bagian dasar dari rak. Untuk kayu dasar rak adalah ukuran 60 cm, lebarnya tergantung dimensi dapur anda. Jangan lupa untuk menambahkan tebal kayu bagian samping lemari saat mengukur lebar lemari. Sekali lagi, untuk rak gantung maka kedalamannya antara 30-35 cm, bukan 60 cm. Anda bisa memotong dua bagian untuk lemari dinding.

  1. Potong Kayu Yang Akan Dijadikan Struktur Bagian Depan Dan Belakang

Setelah anda selesai memotong kayu yang akan digunakan sebagai alas dasar maka langkah selanjutnya adalah potong kayu untuk struktur bagian depan dan belakang. Gunakan balok dengan ukuran 2.5 x 15 cm dan dua potong balok panjang lebar panel dasar. Anda bisa melewatkan langkah ini bila rak yang dibuat adalah rak gantung karena komponen tidak diperlukan.

  1. Potong Panel Pengikat Atas

Cara membuat rak dapur cantik selanjutnya adalah memotong panel pengikat atas. Potong kayu sebanyak dua potong yang memiliki panjang yang sama dengan yang terdapat bagian atas. Step ini hanya dilakukan ketika anda membuat rak minimalis berdiri sehingga anda bisa melewatkan bagian ini bila anda membuat lemari gantung dan langsung ke tahap selanjutnya.

  1. Potong Panel Depan

Setelah selesai maka selanjutnya anda bisa lanjutkan pada tahap pemotongan panel depan yang nantinya akan disusun seperti bingkai foto dan akan menjadi bagian utama lemari yang terlihat. Karena itu anda bisa menggunakan kayu dengan ukuran sesuai selera. Ukuran yang digunakan tergantung bagian dari tampak depan dan gaya yang anda inginkan, kayu yang digunakan biasanya 2.5x5cm, 2.5×7.5 cm, 2.5x 10 cm.

  1. Pasang Panel Bagian Dasar Lemari

Kemudian langkah yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu sejajarkan dan lem panel dasar sehingga tampak muka yang datas sejajar dengan pinggir belakang panel dan panel 7.5 cm belakang sejajar dengan ujung depan. Kemudian gunakan engsel, pasangkan dengan baut pada dasar lemari dan ke dalam pinggiran panel. Gunakan lubang percontohan sebelum memasang baut.

  1. Satukan Sisi-Sisi Dengan Dasar

Rekatkan dan pasang engsel panel samping pada dasar dan struktur dasar, sesuaikan posisi lekukan dengan jarak yang sudah disiapkan. Pastikan semua pinggiran sejajar. Gunakan penjepit dan penggaris siku untuk membantu agar posisi sejajar. Pastikan anda memasang engsel dengan benar agar nantinya pintu rak tidak mudah rusak atau engsel kendor.

  1. Pasang Panel Pengikat Atas

Langkah cara buat rak dapur selanjutnya yaitu rekatkan dan pasang panel pengikat belakang sehingga duduk datar terhadap dinding. Panel pengikat depan harus dipasang sehingga posisinya sejajar dengan panel puncak, setelah panel puncak dipasang. Pastikan anda memasang engsel dengan benar agar nantinya pintu rak tidak mudah rusak atau kendor.

  1. Paku Panel Belakang

Setelah selesai memasang panel pada bagian atas rak maka tahap selanjutnya ukur dan kemudian baut papan panel belakang 1.25 cm pada tempatnya. Untuk membuat rak gantung maka diperlukan panel belakang lebih tebal, seperti MDF 1.9 cm. Pastikan anda memilih baut dengan ukuran  yang pas dan sesuai ukuran agar tidak membuang-buang biaya. Lalu kencangkan semua pertemuan-pertemuan kayu dengan braket sudut dan baut.

  1. Pasang Rak

Ketika semua part telah dibuat maka cara buat rak dapur selanjutnya adalah pemasangan rak dengan menggabungkan semua part. Ukur dan tandai  lokasi pada sedikitnya empat braket sudut (dua di tiap sisi) dan pasang rak di atasnya. Pastikan anda memasang semua part dengan rapat dan kencang agar rak tidak mudah rusak atau goyang saat diisi barang.

  1. Pasang Panel Muka Dan Pintu

Susun panel muka menjadi satu sama halnya seperti menyusun bingkai foto. Anda dapat menggunakan engsel datar atau pertemukan siku dengan siku. Paku dan lubang baku untuk menyatukan panel muka pada lemari. Kemudian letakkan lemari pada tempatnya. Pasang baut menembus panel belakang dan terus ke dinding untuk mengamankan lemari pada tempatnya.Pasang pintu pada panel depan sesuai rekomendasi produsen pintu.

Membuat spice rack ideas untuk dapur yang minimalis sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya saja diperlukan sedikit kreativitas agar rak yang dihasilkan bagus dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Itulah beberapa langkah cara membuat rak minimalis yang bisa anda coba dirumah untuk membuat dapur anda terlihat lebih cantik.

Tak Butuh Banyak Biaya, Berikut Simak Cara Buat Rak Dapur Minimalis
Scroll to top