Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Di zaman yang serba online seperti hari ini, semua seakan-akan terasa lebih dipermudah dengan hadirnya berbagai platform yang memfasilitasi berbagai macam hal. Seperti untuk berjualan produk, sekarang banyak bermunculan marketplace yang beraneka nama dan rupa-rupanya. Selain bisa menggunakan marketplace, untuk berjualan bisa juga kamu gunakan instagram. Lalu bagaimana Cara Jualan di Instagram yang laris untuk pemula?

Banyak orang telah berhasil dan sukses menjual produknya melalui instagram. Sebab media sosial tersebut berbasis visual sehingga mudah untuk menarik minat calon konsumen. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana Cara Jualan di Instagram agar sukses dan mendapatkan keuntungan besar. Simak ulasan artikel yang ada di bawah.

1. Tentukan Audiens

Cara Jualan di Instagram yang sukses pertama yang harus kamu lakukan jika ingin berjualan di instagram adalah kamu harus menentukan audiens dari produk yang ingin kamu jual. Banyak orang terkadang terlalu fokus menentukan produk dibanding menentukan audiens. Padahal sebenarnya kalau tanpa adanya audiens yang tepat, maka produk tersebut pastilah tidak akan laku terjual.

Memang, produk tetaplah penting perannya. Tetapi kamu harus menentukan siapa orang yang sekiranya membutuhkan produk tersebut. Jadi, semisal kamu sudah memilih produk tertentu, berikutnya kamu pahami audiens yang akan kamu bidik menjadi konsumen. Ini penting kamu lakukan agar konvensi penjualan bisa lebih terarah sehingga tidak akan terlalu banyak buang-buang waktu.

2. Karakter Brand

Cara Jualan di Instagram berikutnya yang harus kamu tentukan dari produk yang ingin kamu jual melalui platform instagram adalah kamu harus memiliki sebuah brand yang berkarakter. Karakter dari brand ini bersifat penting. Sebab jika sebuah brand tidak memiliki karakter, maka tidak akan mudah diingat oleh konsumen. Kamu bisa memulai melakukan personal branding.

Dengan membentuk brand mu yang berkarakter, maka orang-orang atau konsumen akan ingat dan mungkin juga akan suka dengan brand tersebut. Kamu tidak harus lebih baik dari orang lain. Yang paling penting adalah brand milik mu tersebut setidaknya sedikit lebih beda dengan brand yang lain.

Ketika brand kamu lebih beda, walau sedikit saja, pastilah akan memiliki kesan tersendiri bagi konsumen atau audiens yang telah kamu tentukan sebelumnya. Karena itulah menjadi penting sebuah brand harus berkarakter.

3. Kekuatan Followers

 

Terkadang jumlah followers di akun instagram yang menjual produk menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon konsumen. Tapi itu bukan suatu keharusan yang paling penting. Bukan cuma followers banyak saja yang bisa meyakinkan calon pembeli. Namun kredibilitas dari penjual tersebutlah yang menjadi kekuatan utama.

Followers memang penting. Kamu harus mencari banyak followers agar trafik dari akun tersebut naik. Dengan adanya kekuatan followers, setidaknya kamu memiliki peluang yang lebih besar. Namun sebaiknya followers tersebut kamu dapatkan secara organik. Tidak membeli followers dan menggunakan keyword followers palsu.

4. Konten

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk berjualan di instagram adalah konten. Konten disini adalah gambar yang berkualitas dan juga caption yang menarik. Gambar bisa kamu potret dengan kamera digital agar hasil dan kualitasnya bagus. Atau bisa juga menggunakan kamera ponsel, asal sebelum kamu ungguh terlebih dahulu kamu edit dan permak sedikit agar tidak jelek.

Setelah itu kamu perlu memikirkan caption. Kadang kala ada orang yang senang membaca caption. Caption yang keren pastilah akan menarik orang untuk menelisik akun mu. Dengan begitu kamu punya potensi untuk menjaring calon pembeli. Kamu bisa membuat caption yang lucu, inspiratif atau hanya sekedar menjelaskan dengan cara yang tidak kaku.

Adapun permasalahan konten ini, kamu tak harus selalu membuat konten jualan. Ada kalanya kamu membuat konten di luar penjualan, namun masih ada kaitan dengan produk dari brand mu tersebut. Sebagai contoh misalnya kamu berjualan produk kaos band. Kamu bisa bikin konten tentang band yang ada di kaos mu. Atau dengan kata lain, kamu melakukan soft selling.

5. Hastag

Cara Jualan di Instagram berikutnya yang bisa kamu lakukan setelah membuat konten adalah mencantumkan hastag potensial yang memungkinkan untuk mendatangkan banyak audiens. Hastag tersebut haruslah ada kaitan dengan produk yang kamu jual. Terlebih dahulu kamu bisa search hastag apa saja yang banyak di cari orang melalui pencarian instagram.

Kamu kumpulkan beberapa hastag yang banyak dicari orang. Lalu hastag tersebut kamu cantumkan ke dalam postingan mu. Paling maksimal kamu boleh mencantumkan hashtag adalah 25 hastag saja. Karena kalau terlalu banyak hastag maka bisa berakibat postingan mu sedikit dikunjungi orang.

6. Promosi

Hal terakhir yang harus kamu lakukan agar bisa sukses berjualan di instagram adalah kamu harus melakukan promosi. Bisa dengan membagikan ke media sosial lain. Atau kamu bisa melakukan iklan di instagram. Tak perlu langsung dengan modal besar. Kamu bisa memulai dengan nominal 50 ribu rupiah dengan tenggat waktu sampai 7 hari. Dengan kamu melakukan promosi tersebut, maka postingan tersebut bisa menjangkau banyak orang.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai bagaimana Cara Jualan di Instagram agar laris untuk pemula. Dan untuk menunjang jualan di Instagram kalian pastinya membutuhkan beberapa software di komputer PC atau Laptop seperti photoshop, karena itu kalian harus mencari beberapa software tersebut di situs penyedia download software gratis.

Cara Jualan di Instagram Yang Laris Untuk Pemula
Scroll to top