Rumah kecil minimalis

Memiliki rumah minimalis merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Sekalipun ukurannya relatif kecil dibandingkan jenis rumah klasik, bukanĀ  berarti tak ada kelebihan yang bisa didapatkan dari rumah tipe ini. Konsep minimalis kini memang sedang menjadi tren baru karena dianggap tepat menjadi solusi dari banyak kendala pembangunan tempat tinggal, yakni lahan yang kecil.

Rumah minimalis sendiri masih terbagi dalam beberapa tipe, yakni rumah kecil dan rumah sedang. Perbedaan keduanya hanya dalam ukuran, selebihnya tema serta desain nya sama. Seiring peningkatan populasi hunian jenis ini, informasi terkait juga semakin dicari tidak terkecuali tips mempercantik rumah minimalis kecil.

Tips mempercantik tampilan rumah kecil minimalis

Pixabay.com

Tidak sulit untuk mendekorasi rumah kecil menjadi nampak indah dan berkesan. Strategi menyamarkan ruangan minimalis juga terus dikembangkan oleh para arsitektur untuk dapat mensiasati kendala dari kondisi minimalis.

Langsung saja, berikut tips-tips yang bisa dicoba:

  1. Desain halaman rumah dengan simple

Cara pertama yakni memaksimalkan tampilan halaman depan rumah semaksimal mungkin. Ibarat manusia, teras rumah adalah wajah yang dilihat pertama kali oleh orang lain. Teras sangat berpengaruh dalam cara pandang seseorang terhadap rumah. Misalnya, seseorang dapat mengetahui bahwa anda adalah seorang penyuka tema modern hanya dari tampilan halaman rumah.

Bagi rumah minimalis kecil, tampilan simple merupakan pilihan terbaik untuk tetap membuat sebuah wilayah lebih sempit. Contohnya pada teras anda cukup meletakkan sepasang kursi santai dengan meja kecil dilengkapi dengan beberapa pot tanaman hias berukuran sedang dan berbentuk jenjang.

Selain benda-benda tersebut, elemen-elemen lain bisa ditambahkan seperti corak pada keramik lantai dan warna pada dinding.

  1. Gunakan partisi ruangan yang efisien

Tips kedua, penggunaan partisi untuk pembatas satu ruangan dengan ruang yang lain. Dalam hal ini, anda tidak harus membangun sebuah tembok karena konsep rumah minimalis menyediakan beberapa alternatif lain yang lebih simpel, efisien, dinamis, dan tentunya elegan.

Beberapa jenis partisi yang bisa coba anda terapkan antara lain sekat kaca berbingkai, folding window yang juga menggunakan material kaca bisa dibuka / ditutup, rak tanaman gantung, akuarium ikan hias, pagar bambu, hingga gorden yang mudah dicuci dan diganti. Keseluruhan opsi diatas dijamin mampu membuat rumah anda lebih elegan dan meningkatkan efisiensi penggunaan ruang.

  1. Hindari perabotan rumah berukuran besar

Perabotan-perabotan berukuran besar memang tidak ramah bagi rumah minimalis yang terbatas. Oleh karenanya, usahakan untuk menghindari jenis perabotan ini. Setidaknya, minimalisir Penggunaan almari atau meja kursi berukuran besar kecuali setelah memastikan ruangan tersebut masih memiliki sisa ruang yang cukup.

  1. Pastikan ventilasi udara sudah mencukupi

Ventilasi udara adalah elemen penting dalam sebuah rumah, terutama rumah minimalis. Tanpa jendela yang memadai, suatu ruangan akan terasa pengap, panas, dan sempit bahkan tidak sehat bagi pernafasan. Dalam rumah minimalis, jendela menjadi bagian wajib bagi setiap ruangan.

Selain fungsi utamanya sebagai media masuknya udara segar, jendela juga mempengaruhi tampilan ruangan. Anda bisa memanfaatkan macam-macam jenis jendela untuk menghiasi ruangan. Misalnya, bila konsep rumah adalah klasik, maka jendela dengan bentuk cembung dibagian atas akan cocok diterapkan.

  1. Hindari cat dinding gelap pada ruangan kecil

Mengeksplorasi dinding rumah dengan pilihan warna berani memang tidak ada salahnya, namun penempatan nya harus diperhatikan. Warna gelap akan cocok bila diaplikasikan pada dinding ruangan besar seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Corak demikian akan membuat ruangan nampak elegan, mencolok, serta unik.

Namun di sisi lain, bagi beberapa ruangan lain yang lebih sempit seperti kamar tidur, dapur, atau ruang kerja, warna dinding pastel atau sejenis aksen cerah akan membuat ruangan nampak lebih longgar. Warna cerah juga melambangkan keceriaan, penuh semangat dan inspirasi. Cocok untuk mengelola mood para penghuninya agar selalu dalam suasana bahagia.

  1. Memasang plafon untuk semakin mempercantik tampilan ruang

Penggunaan plafon rasanya semakin hari kian menjadi tren ornamen, dibandingkan fungsi aslinya sebagai pelindung lantai dari kotoran dan kebocoran, menahan suhu ruangan, serta membuat rumah menjadi lebih rapi. Nyatanya, kini plafon sudah dieksplorasi dalam berbagai tema dan konsep, menyesuaikan jenis rumah serta nuansanya.

Ada banyak pilihan plafon yang bisa digunakan sebagai penunjang kecantikan rumah, mulai dari berbahan kayu triplek hingga kombinasi asbes dan gypsum. Selain memilih yang paling kuat dan awet, jangan lupa untuk mengukur kadar kesesuaian bahan tersebut pada ruangan.

  1. Menambahkan aksen tumbuh-tumbuhan alami

Pixabay.com

Terakhir yakni ide dekorasi kecantikan rumah dengan mengandalkan tanaman-tanaman hias. Tema dekorasi ini tentu saja mengusung konsep natural dan cerdas. Membuat ruangan rumah jadi lebih sejuk dan enak dipandang.

Akhir-akhir ini, konsep ‘back to nature’ memang sedang tren. Membeli tanaman hias tidak perlu jauh-jauh, beberapa gerai tanaman sudah banyak ditemukan. Jadi anda tak perlu kerepotan untuk menemukan tempat mendapatkan kannya.

Jadi, dekorasi mana yang ingin anda terapkan? Atau semuanya? Rumah minimalis tetap bisa cantik dengan dirinya sendiri. Asalkan pemiliknya dapat menata serta mendekorasi nya dengan baik.