Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Deskripsi: Beberapa alat tes kesuburan wanita untuk mengetahui tingkat kesuburan dan penyakit yang menjadikan wanita sulit memiliki keturunan.

Ketika pasangan tidak juga dikaruniai buah hati, maka tes kesuburan bisa menjadi cara untuk mengetahui penyebabnya. Tes kesuburan sendiri bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Dalam kasus wanita, tes kesuburan memerlukan beberapa prosedur. Tes ini akan menguji apakah kesulitan hamil dikarenakan dari pihak wanita yang mengalami kemandulan atau sebaliknya. Berikut beberapa alat tes kesuburan wanita yang perlu untuk diketahui.

Alat Tes Untuk Mengetahui Tingkat Kesuburan

  • Histerosalpingografi

Alat yang pertama sering disebut sebagai histerosalpingografi. Tes ini merupakan bagian awal sebelum menjalani tes lainnya. Mirip dengan tes USG, tes HSG akan memperlihatkan kondisi rahim dan mendeteksi apakah ada gangguan pada rahim maupun kelainan lainnya seperti kista dan miom yang bersarang di dalam rahim. Tes ini juga menjadi bagian awal sebelum melakukan tes ovulasi.

  • Tes Ovulasi

Tes ovulasi menguji apakah rahim bisa melakukan pembuahan. Menggunakan alat pendeteksi khusus, tes ini juga meliputi variabel seperti tes darah, tes suhu tubuh, dan tes prediksi. Meskipun tes ini juga menyertakan variabel lain, variabel pada tes ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan dalam menghasilkan sel telur yang baik. Metode ini merupakan metode yang umum dan juga alat yang memprediksi tingkat kelahiran dari wanita.

  • Tes Fase Saat Luteal

Cara berikutnya ialah dengan melakukan tes saat fase Luteal. Fase ini merupakan waktu dimana hormon progesteron meningkat setelah ovulasi. Ovulasi terjadi ketika sel telur bertemu dengan sperma. Apabila ternyata level hormon progesteron tidak memenuhi kriteria normal maka ada kemungkinan wanita memiliki resiko mandul lebih besar.

  • Tes USG Transvaginal

Tes ini menggunakan alat ultrasonografi untuk melihat keadaan rahim. Dalam tes USG tipe transvaginal, yang di cek meliputi rahim, mulut rahim, leher rahim, dan tuba falopi untuk melihat apakah ada benjolan maupun kelainan lainnya yang menghalangi penetrasi dan pembuahan sel telur.

Itulah beberapa alat tes kesuburan wanita. Pada dasarnya masih ada tes lain yang juga bisa membantu mendiagnosa tingkat kesuburan dan juga masalah pada organ kewanitaan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

4 Alat Tes Kesuburan Wanita yang Efektif
Scroll to top