Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Burung Kepodang Dada Merah merupakan satu dari berbagai jenis burung Kepodang yang sudah jarang ditemui. Bahkan di habitat aslinya burung bersuara merdu ini perlahan sudah mulai punah, sehingga tidak ada ruginya jika anda tertarik untuk memeliharanya sekaligus melakukan budidaya. Agar proses budidaya berjalan lancar, berikut tips agar Kepodang bakalan cepat jinak dan lebih rajin bernyanyi.

Tips Sederhana Agar Kepodang Bakalan Cepat Jinak Dan Rajin Berbunyi

  1. Memandikan Sang Burung Secara Rutin

Kecantikan bulu tubuhnya bukan hanya berasal dari warnanya yang cerah dan mencolok, melainkan dari karakter si burung yang memang menyukai kebersihan dan kecantikan. Setelah mengetahui hal tersebut, ada baiknya untuk lebih rajin memandikannya setiap hari pada rentan waktu jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Cukup dengan menyemprotkan air bersih dengan sprayer khusus, secara otomatis bulunya akan bersih kembali.

Setelah semua bulunya telah basah kuyup, ajaklah sang burung untuk berinteraksi dengan cara mengelus bagian kepalanya secara lembut. Apabila sang burung mulai merasa nyaman, jangan lupa berikan pakan berupa jangkrik ataupun ulat hongkong secara langsung. Dengan melakukan pendekatan secara rutin, dijamin Kepodang Dada Merah akan lebih cepat jinak dan tidak merasa ketakutan ketika didekati sang pemiliknya.

  1. Ajak Menghirup Udara Segar Di Pagi Hari

Tepat pukul 5 pagi, merupakan waktu terbaik untuk menghirup udara segar dan menimati embun pagi. Kesegaran udara pagi juga sangat dibutuhkan okeh sang Kepodang, sehingga sangat disarankan untuk membawa keluar dan menikmati waktu pag bersama. Pada waktu ini pula, umumnya para burung berkicau akan terdengar bersahut sahutan. Secara alami, cara satu ini berfungsi untuk memancingnya berkicau bersama sekaligus mencegah stres.

  1. Membersihkan Kandang Secara Rutin

Seperti yang dikatakan sebelumnya, burung satu ini sangat senang akan kebersihan dan kecantikan. Kebersihan yang dimaksudkan disini bukan hanya dari kebersihan tubuhnya semata, namun kebersihan kandang tak luput dari perhatian. Oleh sebab itu, silahkan bersihkan kandangnya secara rutin agar tidak ada lagi kotoran ataupun sisa makanan tercecer. Secara tidak langsung, perawatan ini akan membantunya terhindar dari penyakit.

  1. Lakukan Penjemuran

Setelah membersihkan badan si Kepodang Dada Merah, jangan langsung memasukkannya kembali ke dalam rumah. Angin anginkan saja dahulu hingga semua bulunya kering sempurna, kemudian jemur sang Kepodong selama kurang lebih 1 hingga 2 jam saja. Apabila dirasa cukup, silahkan letakkan sangkarnya di tempat yang lebih teduh dan gantilah makanan dan minumannya dengan yang baru agar tidak terserang bakteri.

Terkenal akan kemerduan suaranya ketika bernyanyi, membuat burung Kepodang begitu menarik untuk dimiliki. Bukan hanya sekedar memeliharanya sebagi burung hias semata, ada baiknya berikan perawatan tepat. Dengan begitu, burung akan merasa lebih nyaman dan dapat tumbuh dan berkembang bak di habitat aslinya. Jika sudah demikian, secara tidak langsung anda turut berjasa dalam melestarikan populasinya yag kini memang cukup sedikit.

 

4 Tips Mudah Perawatan Kepodang Dada Merah Bakalan Agar Cepat Jinak
Scroll to top