Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Tanaman herbal untuk sakit pinggang

Sakit pinggang bisa sangat nyeri dan mengganggu aktivitas. Makanya, segera diobati saat mengalaminya.

Orang dewasa biasanya lebih sering alami sakit pinggang, terutama bagi yang bekerja berat. Tapi jangan khawatir, karena bisa diobati dengan obat alami yakni gunakan tanaman herbal tanpa efek samping dan aman.

Penyebab sakit pinggang sendiri macam macam. Tapi seringnya karena ligamen terkilir, atau bisa juga otot yang meregangnya berlebihan. Seperti misalnya saat angkat benda berat dengan posisi badan tak tepat, ketika olahraga atau otot terkilir mendadak.

Lalu, tanaman herbal apa saja yang bisa obati sakit pinggang? simak ulasannya berikut ini :

Table of Contents

1. Jahe

Pixabay.com

Tanaman herbal obati sakit pinggang yang pertama dalam daftar ini, ada jahe, yang juga merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan oleh pabrik herbal dalam membuat obat herbal. Mengandung phytochemical,  jahe bisa bantu atasi nyeri otot dan sendi.Phytochemical sendiri merupakan senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga bisa dijadikan obat sakit pinggang alami. Konsumsi jahe secara teratur, bisa bantu perbaiki bengkak, kaku, rasa sakit.

Untuk obati sakit pinggang, jahe diolah, caranya mudah. Siapkan jahe, cuci bersih lalu iris tipis. Kemudian tambahkan alkohol 75 persen dan tambahkan cabe rawit yang sudah dibersihkan.

Setelah itu, campurkan semua bahan tadi dan fermentasikan selama dua Minggu. Setelah itu oles pada bagian pinggang yang nyeri atau sakit dengan ramuan itu.

2. Bawang Merah

Bawang merah dari dulu diyakini orang Indonesia sebagai obat herbal untuk kurangi rasa nyeri dan sembuhkan sakit pinggang. Bawang merah punya kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti glikosida, flavonoid, fenolik, steroid, zat tanin, dan alkaloid.

Cara buat ramuan dari bawang merah mudah. Siapkan akar bawang merah, kurma cina dan jahe. Lalu tambahkan air secukupnya, rebus sampai mendidih. Setelah itu, minum air ramuan tadi saat masih hangat untuk  bantu redakan sakit pinggang.

3. Kunyit

Kunyit efektif bantu obati sakit pinggang kalau digunakan secara tepat. Kunyit mengandung kurkumin yang dipercaya sebagai anti peradangan, ini bagus untui kurangi nyeri sendi.

Tapi sebaiknya konsultasi dengan dokter atau ahli herbal. Sebab penggunaan kunyit dalam jangka panjang dan dengan dosis tinggi bisa ganggu pencernaan.

Cara membuat ramuan dari kunyit cukup gampang. Yaitu mencampurkan sejumlah bahan seperti tanaman jenggot, akar jahe dan tentunya kunyit. Sebelumnya, Pastikan semua bahan dibersihkan. Lalu, direbus sampai mendidih. Kemudian, diamkan air sampai air hangat.

Setelah itu, saring air rebusan tadi. Lalu minum ramuannya. Usahakan agar meminum rutin setiap pagi dan sore.

Kemudian ramuan diminum secara rutin setiap pagi dan sore.

4. Daun sirsak

Daun sirsak sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman herbal. Termasuk untuk obati sakit pinggang. Untuk mengobatinya, biasanya gunakan daun sirsak tua, warnanya hijau tua. Daun sirsak sendiri mengandung karbohidrat, serat, vitamin c, aid, lemak, fosfor, dan kalium. Kandungan ini dipercaya sebagai tanaman herbal obat sakit pinggang.

Cara membuatnya yaitu, sediakan daun sirsak sekitar 20 lembar, cuci sampai bersih. Selanjutnya , tambahkan air dan rebus sampai mendidih. Kemudian, Konsumsilah air daun sirsak yang sudah direbus sebanyak ¾ gelas setiap hari. Ini bisa obati sakit pinggang

5. Bawang Putih

Pixabay.com

Bawang putih punya kandungan allicin, ini adalah salah satu komponen aktif yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Cara pembuatannya juga cukup gampang, yaitu dengan mencampurkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah, dan larutan alkohol 75%.

Kemudian rendam selama 2 minggu. setelah 2 minggu, ramuan ini bisa dipakai sebagai obat oles, untuk pinggang yang terasa nyeri atau sakit.

6. Rambut Jagung

Ternyata, rambut jagung juga diyakini bisa bantu obati pinggang sakit. Caranya, rambut jagung dicuci sampai bersih. Untuk pelengkap ramuan, sediakan jahe merah, adas, dan buah takokak. Kemudian tambahkan air satu liter, rebus sampai mendidih. Minumlah selagi air ramuan masih menghangat

7. Tanaman Kumis Kucing

nama latinya “Orthosiphon aristatus”, tanaman satu ini banyak dijumpai di tanah air. Tanaman kumis kucing ini diyakini banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Punya  Kandungan zat kimia seperti  sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium, minyak atsiri, saponin, saponin. Tanaman kumis kucing dipercaya bisa sembuhkan berbagai penyakit, termasuk sakit pinggang.

Cara bikin ramuan tanaman kumis kucing untuk sakit pinggang gampang. Rebus akar dan daun kumis kucing. Kemudian, diamkan semalaman. Lalu esok harinya bisa minum ramuan ini.

Nah itulah tadi informasi tentang tanaman herbal untuk obati sakit pinggang. Dengan menggunakan beberapa tanaman herbal diatas, bisa obati rasa sakit tanpa berisiko karena semua bahan alami. Semoga bermanfaat.

Scroll to top