Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan

 

 

Sepeda motor merupakan moda transportasi yang semakin diminati karena memudahkan aktivitas bagi para pengguna nya. Namun, selain mengendarai nya, para permilik kendaraan bermotor ini pun tidak boleh melewatkan perawatan nya agar kondisi motor tetap stabil dan tidak mengalami kerusakan. Apalagi jika kondisi motor sudah semakin tua, maka perawatan pun harus semakin rajin dilakukan agar tidak terjadi kerusakan seperti tenaga motor yang tertahan saat digas.

 

Beberapa Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan

Perawatan motor yang kurang baik dapat memicu beberapa masalah yang dapat membuat pengendara nya tidak nyaman. Salah satu kondisi yang dapat terjadi apabila perawatan motor tidak dilakukan secara rutin adalah tenaga motor yang seperti tertahan ketika sedang digas. Hal ini sangat meresahkan pengguna nya karena motor bisa saja berhenti di tengah jalan, serta susah untuk melaju kembali walaupun sudah digas secara maksimal. Berikut merupakan beberapa penyebab tenaga motor seperti tertahan.

 

  • Vainbelt atau Rantai Bermasalah

Vainbelt atau rantai merupakan sebuah komponen pada sepeda motor yang berfungsi meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang melalui gear sehingga roda dapat berputar dan membuat kendaraan melaju. Apabila terdapat masalah atau kerusakan pada bagian vainbelt atau rantai ini, seperti rantai yang kendor atau terputus, maka laju kendaraan pun akan terganggu sehingga tenaga motor seperti tertahan dan susah untuk digas. Vainbelt atau rantai yang tidak pernah diganti pun tentu menjadi salah satu penyebab tenaga motor menjadi tertahan. Vainbelt atau rantai ini memiliki masa waktu tersendiri yang harus diganti secara berkala apabila motor sudah mulai terjadi kerusakan, seperti kesulitan untuk digas atau tenaga motor menjadi lemah, sehingga nantinya kerusakan pun tidak akan bertambah parah.

 

  • Kelistrikan

AKI merupakan komponen atau bagian penting dari kelistrikan motor yang mempengaruhi tenaga motor. Apabila tenaga motor seperti tertahan dan tidak bertenaga, salah satu penyebabnya bisa diakibatkan oleh kelistrikan pada AKI sepeda motor tersebut yang mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal itu, anda diharuskan untuk mengecek kondisi kelistrikan pada AKI secara berkala karena kompone AKI sangat penting bagi sepeda motor yang sangat bergantung pada komponen kelistrikan tersebut. Jika kondisi AKI dicek secara teratur dan tidak mengalami kerusakan, maka motor pun bisa berjalan seperti semula sehingga tenaga nya tidak lagi tertahan dan tidak mengalami kesulitan saat digas.

 

  • Filter Udara yang Kotor

Filter udara atau saringan udara pada sepeda motor berfungsi sebagai penyaring udara yang khususnya menyaring debu dan kotoran yang akan masuk ke mesin. Udara atau oksigen dibutuhkan oleh mesin untuk melakukan proses pembakaran, namun bila debu terus menumpuk pada filter udara dan tidak secara rutin dibersihkan, maka debu dan kotoran bisa masuk dan menyumbat proses pembakaran mesin sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada motor, seperti tenaga mesin yang melemah atau seperti tertahan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda membersihkan filter udara pada kendaraan motor anda agar sistem kinerja mesin dan komponen-komponen nya dapat bekerja secara maksimal.

Nah, itu dia merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan tenaga motor menjadi lemah atau seperti tertahan. Perawatan motor secara berkala memang dibutuhkan agar tidak terjadi kerusakan seperti tenaga motor yang tertahan dan mengalami kesulitan saat digas. Sebelum anda melakukan servis pada motor anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada petugas bengkel atau bisa juga mengunjungi situs mamang bengkel untuk mengetahui lebih lanjut seputar dunia otomotif. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Scroll to top