Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Belajar Bahasa Inggris: Making Suggestion dan Accepting Suggestion

Dewasa ini, belajar bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang penting baik di sekolah maupun universitas. Kamu akan dapat menemui bahwa siswa SD sudah mulai mengenal bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris juga pernah menjadi salah satu mata pelajaran Ujian Nasional yang harus dilalui oleh para siswa.

Mengapa bahasa Inggris menjadi sangat penting? Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan secara internasional. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan pada setiap pertemuan internasional, artikel dan jurnal penelitian, serta berbagai macam konferensi. Selain itu, dalam peralatan elektronik dan aplikasi, bahasa Inggris merupakan bahasa yang diformat secara otomatis sebagai bahasa yang akan digunakan.

Jika kamu ingin mempunyai relasi dari berbagai negara di luar negeri, kamu harus mampu menguasai bahasa Inggris. Hal ini disebabkan bahasa Inggris sebagai media komunikasi antar masyarakat di dunia. Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi salah satu kemampuan yang disyaratkan oleh berbagai perusahaan baik perusahaan nasional maupun internasional, instansi pemerintah, sekolah , maupun universitas. Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat penting untuk dikuasai.

Salah satu hal yang harus dikuasai bagi setiap orang yang mempelajari bahasa Inggris adalah grammar bahasa Inggris atau pola kalimat dalam bahasa Inggris. Grammar bahasa Inggris ini disusun dari 16 tenses atau pola kalimat. Sehingga, seseorang harus benar-benar serius agar dapat belajar grammar bahasa Inggris dengan baik.

Dalam bahasa Inggris, juga dikenal berbagai pola kalimat dalam setiap ungkapan yang diucapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ungkapan untuk meminta pertolongan, memberi pertolongan, meminta persetujuan, dll. Salah satu contoh ungkapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah ungkapan memberi saran atau making suggestion. Dan, sebagai respon atas saran yang telah diberikan, maka ungkapan menerima atau menolak saran juga harus diberikan. Berikut ini beberapa contoh ungkapan making suggestions dalam bahasa Inggris.

stocksnap.io

Pola Kalimat Making Suggestion beserta contoh penggunaan

Ada beberapa pola kalimat dari Making Suggestion dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan. Hal ini bergantung pada situasi serta formalitas dari dialog yang akan dibuat. Sebagai contoh pola kalimat How / What about + V-ing + … ? . Pola kalimat ini digunakan untuk memberi saran tentang aktivitas yang akan dilakukan. Misalnya, “How about visiting the Zoo this weekend?” atau “What about watching the new Harry Potter movie tonight?”.

Pola kalimat lain yang dapat digunakan untuk making suggestion adalah How about + noun phrase. Pola ini biasanya digunakan untuk memberi saran tentang minuman atau makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya, “how about a glass of milk before we go to sleep?” atau “How about a bowl of porridge before we go to work?”. Kamu juga bisa menggunakan pola kalimat yang lain, misalnya “How about + simple present tense?” . Contoh dari pola kalimat ini adalah “ How about I give you some food samples of my new restaurant?.

Salah satu pola making suggestions yang paling sering digunakan untuk membuat saran secara umum yaitu, “ Wht not…? Why don’t…? dan Why doesn’t …..?”. Contoh dari pola kalimat ini adalah “Why not give an award to yourself since you have done a lot of good things?”. Contoh lain dari pola kalimat ini adalah “Why don’t you study more often before the national examination next week?”. Contoh lain yang bisa digunakan adalah “Why don’t you stop to blame yourself?”.

Kamu juga bisa menggunakan kata Let’s dan Let’s not untuk membuat sebuah ungkapan making suggestions. Sebagai contoh, “Let’s read the book carefully and find the the hidden fact.”. Contoh kalimat yang lain adalah, ”Let’s not do the same error since our life depends on this experiment”. Kamu juga bisa menggunakan kata could sebagai sebuah saran. Misalnya, “You could finish your homework before going to sleep.”.

Selain itu, ungkapan making suggestion lain yang sering digunakan adalah I suggest (that) + should + verb 1 atau I suggest (that) + verb 1. Misalnya, “I suggest that we should study harder”. Contoh yang kedua adalah “ I suggest we need to study harder.” Dari berbagai ungkapan making suggestions di atas, kamu bisa memilih sesuai dengan situasi dan kondisi yang kamu hadapi.

stocksnap.io

Contoh Accepting dan Rejecting Suggestions

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika seseorang telah memberikan saran adalah dengan menerima atau menolak saran tersebut. Hal ini dilakukan agar orang yang memberikan saran tahu respon yang kita berikan dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Ada beberapa kalimat yang bisa digunakan untuk accepting suggestion seperti “ Yes, I’d like/love to.”, “What a good idea!”, “Why not?”, dan “Yes, with pleasure.”. Sementara ungkapan yang dapat digunakan untuk menolak suatu saran adalah “ No, I’d rather not.”, “I don’t feel like it.”, “No, Let’s not.”,  dan “I dislike that idea.”.

 

Scroll to top