Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Cendrawasih Raja

Cendrawasih raja merupakan satu dari beberapa jenis burung cendrawasih yang menjagi fauna asli dari Papua. Burung eksotis ini memang dikenal memiliki beberapa spesies dimana masing-masing jenis tersebut memiliki keunikan tersendiri. Dalam istilah ilmiah, burung cendrawasih raja dikenal dengan sebutan Cicinnurus Regius. Ukurannya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan spesies lain. Bahkan biasanya burung dewasa hanya berukuran panjang 16 cm saja. Biasanya pejantan memiliki warna merah yang terang di bagian punggung dan kepala. Warna merah tua terang itu dipadukan dengan warna putih di bagian dada depan. Sedangkan bagian kaki biasanya memiliki corak biru terang dengan bulu kecil seperti kipas di bagian pundak. Lalu bulu di bagian ekor berwarna hijau.

Jika sang pejantan memiliki corak warna yang bervariasi, beda cerita dengan cendrawasih raja betina. Untuk sang betina memiliki warna yang monoton, biasanya berwarna coklat tua dengan garis-garis di bagian bawah. Burung cendrawasih raja jantan menggunakan corak dan keindahan warnanya untuk menarik perhatian sang betina saat masa kawin tiba. Namun setelah itu, seperti burung cendrawasih pada umumnya, sang pejantan akan meninggalkan betinanya pasca kopulasi. Dengan keindahan warna dan suara yang merdu, beberapa ahli menyebut bahwa cendrawasih raja juga disebut sebagai The Living Gem, atau permata hidup yang dimiliki oleh Papua dan Indonesia.

Berbicara tentang habitat cendrawasih raja, mereka biasanya hidup di daerah dataran rendah dimana banyak pohon rindang. Burung ini tidak terlalu suka cuaca yang sangat panas sehingga lebih suka hidup di daerah tropis yang rindang. Mereka biasanya hinggap di ranting-ranting pohon besar sembari mencari makanan yang disukai, buah-buahan dan juga artropod. Burung ini dikenal sebagai spesies yang penyendiri meski terkadang berkumpul dengan beberapa burung lain untuk berbagi makanan di pohon yang sama. Itulah beberapa informasi penting yang perlu diketahui tentang burung cendrawasih raja yang menjadi burung idola para pencinta binatang. Mari kita lestarikan habitat dan burung cendrawasih merah agar tetap lestari hidup di hutan Indonesia.

Scroll to top