Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Jangan Tertipu, Ikuti Tips Beli Motor Bekas Satria FU Terbaik

Menggunakan sepeda motor dalam beberapa hal memang jauh lebih praktis dibandingkan dengan naik mobil. Naik motor akan membuat kita bisa sampai ke tujuan lebih cepat karena bisa memilih jalan pintas atau istilahnya jalan tikus. Tidak mengherankan jika dari tahun ke tahun jumlah pengendara motor semakin meningkat dan bertambah.

Motor tidak terbatas sebagai kendaraan dan alat mobilitas saja melainkan juga menjadi hobi serta kebangggaan bagi sebagian kalangan. Mereka yang biasa dikenal dengan sebutan biker biasanya memiliki selera tersendiri dalam memilih jenis motor. Salah satu jenis kendaraan roda dua yang cukup diminati anak muda penyuka motor adalah Suzuki Satria FU.

Motor keluaran pabrikan terkenal dari Jepang tersebut memang tidak bisa dibilang keluaran baru namun nyatanya masih memiliki banyak penggemar. Satria FU dianggap klasik dan gagah untuk dikendarai. Hal itulah juga yang membuat masih banyak orang yang memburu motor Satria FU bekas untuk dimiliki. Membeli motor bekas dengan kualitas yang masih bagus memang solusi tepat bagi dana terbatas.

Nah, berikut ini tips untuk memilih motor Satria FU bekas yang masih bagus seperti yang dijelaskan dalam vulcan manual user guide.

Table of Contents

Tips Memilih Satria FU Bekas yang Bagus

Cek Variasi Harga di Pasaran

Jangan terburu-buru memutuskan untuk membeli motor Suzuki Satria FU bekas sebelum Anda mengetahui berapa kisaran harganya di pasaran. Perlu Anda cek berapa variasi harga motor tersebut di dealer sebagai patokan untuk menentukan harga yang sesuai. Anda juga bisa mengecek harga melalui situs di internet, tabloid ataupun majalah otomotif terpercaya.

Informasi tentang berapa harga pasaran dari motor Satria FU bekas di pasaran akan membantu Anda mengetahui apakah harga yang ditawarkan wajar atau tidak. Anda akan mengetahui jika penawaran harga terlalu murah mungkin saja ada yang tidak beres. Mungkin saja itu motor curian atau kendaraan yang sudah rusak.

Periksa Kelengkapan Dokumen

Surat atau dokumen kelengkapan kendaraan merupakan hal yang sangat penting agar nantinya Anda tidak mendapatkan masalah berkaitan dengan hukum. Surat atau dokumen yang lengkap juga akan memudahkan Anda untuk menjual kembali motor tersebut. Pastikan motor tersebut memiliki STNK dan BPKB yang didalamnya tercantum nomor rangka dan mesin yang sesuai.

Selain STNK dan BPKB sebaiknya juga Anda cek buku servis dari motor tersebut. Buku servis akan memberikan informasi kepada Anda tentang penggantian suku cadang yang pernah dilakukan dan sebagainya.

Periksa Kondisi Kendaraan

Jangan lupa juga untuk memeriksa bagaimana kondisi dari kendaraan tersebut meliputi bodi, mesin dan juga sistem kelistrikannya. Cek apakah semuanya masih dalam kondisi yang bagus dan layak. Saat memeriksa motor secara fisik lihat dengan seksama apakah semua cuku cadangnya masih original atau sudah ada yang diganti. Hal ini tentunya akan mempengaruhi harganya nanti.

Setelah Anda memeriksa dan melakukan pengecekan seperti yang disebutkan di atas maka akan bisa diketahui apakah motor bekas tersebut masih bagus atau tidak. Satu hal lagi yang sebaiknya Anda ketahui adalah jenis gangguan atau penyakit yang sering terjadi pada Satria FU bekas.

Gangguan dan Masalah Pada Satria FU Bekas

Bagian Mesin Motor

Mesin pada motor Suzuki Satria FU bekas memang cukup sering terjadi masalah namun akan mudah diatasi jika kita tahu permasalahannya. Hal yang paling sering terjadi yaitu kesulitan saat menyalakan mesinnya. Selain itu juga kadang ada gangguan “brebet” pada mesin motor.

Sulitnya menghidupkan mesin bisa terjadi karena motor dalam kondisi basah seperti kehujanan atau baru dicuci. Sedangkan gejala “brebet” pada motor terjadi karena adanya kerusakan pada bagian karet vacumnya.

Suara Mesin yang Berisik

Gangguan atau masalah lainnya yang biasa terjadi pada Satria FU bekas adalah suaranya yang cukup keras dan berisik. Suara berisik bisa disebabkan oleh rantai sentrik yang sudah mulai kendor karena lamanya umur penggunaan motor. Sumber masalah lainnya yang menyebabkan suara berisik adalah pada rantai tensioner yang sudah tua dan aus.

Transmisi Motor Sulit Dinetralkan

Motor Satria FU terutama yang bekas biasanya memiliki masalah dalam hal transmisi yang sulit untuk diposisi netral. Memang masalah transmisi ini belum diketahui secara jelas apa hal yang menjadi penyebabnya. Namun dari beberapa kasus yang ada gangguan tersebut bisa diatasi dengan melakukan penggantian oli.

Selain itu solusi dari gangguan transmisi bisa juga dilakukan dengan menyetel ulang pada bagian koplingnya. Beberapa pengguna kendaraan Satria FU sudah membuktikan sendiri bahwa cara tersebut bisa digunakan untuk mengatasi masalah transmisi yang sulit netral.

Scroll to top