Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android

Saat kita membeli perangkat Android baru, biasanya sudah terdapat banyak aplikasi di dalamnya. Beberapa daru aplikasi bawaan tersebut memang sangat berguna, namun juga ada yang tidak berguna dan bahkan cenderung mengganggu. Tetapi, cara menghapus aplikasi bawaan Android tidak semudah cara uninstall aplikasi Android biasa. Berbagai aplikasi tersebut biasanya sudah “dikunci” pada sistem sehingga tidak bisa kita hapus. Hal ini jelas akan merugikan karena hanya akan membuang-buang kapasitas memori saja, apalagi kalau memori di Android kita cukup kecil dan terbatas.

Bukan hanya itu saja, berbagai aplikasi bawaan ini biasanya akan aktif secara otomatis ketika Android nyala. Kalau sudah begitu maka secara otomatis aplikasi ini akan memakan daya baterai juga meskipun tidak sedang kita gunakan. Nah maka dari itu kali ini kami akan memberikan cara menyadap android (informasi untuk menghapus aplikasi bawaan) sebagai berikut,

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root:

  1. Melakukan Uninstall Pada Aplikasi

Sebenarnya tidak perlu melakukan rooting pada Android, karena sekarang sudah banyak aplikasi bawaan yang bisa langsung diuninstall. Caranya seperti ini, Masuk ke dalam fitur “Settings”  > klik dan pilih pada menu “Apps” > Lalu, langsung pilih aplikasi bawaan yang akan diunsintall. Perlu diketahui, tidak semua aplikasi bawaan bisa diuninstall, contohnya yang tidak bisa adalah clock, contact manager, device service, dan yang lainnya.  Anda hanya bisa menguninstall aplikasi yang mempunyai simbol “kotak” di bagian kanan. Jika Anda menemukan simbol tersebut, langsung klik / checklist > Kemuudian, langsung klik “Uninstall” pada aplikasi tersebut. Cara ini bisa digunakan oleh perangkat Android mana pun.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Setelah Diroot :

Selanjutnya adalah cara menghapus aplikasi setelah di-root. Perlu diketahui, trik yang disampaikan tadi sangat berguna jika Anda hanya ingin menghemat penggunaan baterai saja. Tetapi jika Anda ingin menyingkirkan aplikasi bawaan tersebut untuk menambah kapasitas memori, maka Anda harus melakukan rooting dahulu. Setelah melakukan rooting, maka terdapat banyak cara membuang aplikasi bawaan Android tersebut. Di antaranya adalah dengan menginstal beberapa aplikasi bantuan untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Berikut aplikasi bantuan yang bisa digunakan,

– Root Explorer

Root Explorer adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki jika perangkat Android yang sudah diroot. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi file explorer lainnya, namun dapat membuka sekaligus mengedit dan menghapus berbagai macam file yang terdapat di sistem Android. Cara menghapus aplikasi bawaan Android menggunakan root explorer terbilang sangat mudah. Pertama buka Root Explorer > klik tombol “Mount as R/W” di pojok kanan atas ( Pastikan posisinya berada dalam keadaan “R/W” alias read and write dan bukan “R/O” alias raed only) > bukalah folder system app (Anda akan melihat berbagai macam aplikasi bawaan yang disimpan di sistem Android) > Pilih salah satu aplikasi tersebut > tekan dan tahan > klik delete. Setelah itu aplikasi bawaan tersebut akan terhapus secara otomatis.

– ES Explorer

Seperti Root Explorer, ES Explorer adalah aplikasi file explorer yang bisa mengakses dan memodifikasi file sistem. Perbedaannya, ES Explorer ini hadir dengan tampilan yang lebih bersahabat dan juga dibekali dengan fitur yang lebih lengkap. Untuk menggunakan ES Explorer ini Anda harus mengizinkan akses root dahulu, kemudian Anda hanya tinggal mencari dan memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus seperti langkah-langkah di atas. Aplikasi ES Explorer ini juga bisa anda unduh dengan gratis di Google Play Store.

– Titanium Backup

Titanium Backup juga menjadi salah satu aplikasi yang wajib terdapat pada perangkat Android yang sudah diroot. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai Swiss Knife-nya Android karena punya banyak fitur sangat bermanfaat. Salah satu fitur yang bermanfaat di antaranya adalah kemampuan untuk menghapus aplikasi Android bawaan atau aplikasi yang terdapat di sistem. Caranya juga cukup mudah, hanya tinggal membuka aplikasi Titanium backup ini kemudian langsung pilih aplikasi yang ingin dihapus. Setelah terpilih, tekan dan tahan aplikasi itu kemudian pilih opsi delete atau uninstall. Setelah itu aplikasi akan langsung lenyap dari perangkat Android Anda. Bukan hanya untuk menghapus, melainkan juga dapat digunakan dalam melakukan proses backup dan juga restore aplikasi Android secara lengkap.

– Custom ROM

Jika Anda tidak ingin menggunakan berbagai macam aplikasi diatas, maka solusinya adalah dengan menginstal custom ROM. Sekarang sudah banyak custom ROM yang tersedia tanpa bloatware sama sekali. Custom ROM itu ada yang dibuat oleh komunitas dan juga yang oleh individu. Salah satu custom ROM yang cukup direkomendasikan karena banyak digunakan saat ini adalah Cyanogenmod. Sekarang ini, Cyanogenmod sudah memiliki banyak komunitas pendukung sehingga custom ROM ini tersedia untuk hampir semua jenis Android. Anda juga dapat dengan mudah bertanya ke pengguna lain jika terdapat masalah pada perangkat Android yang Anda gunakan.

Demikian tips dari kami yang mana hal – hal tersebut adalah termasuk bagian dari cara menyadap android dalam hal pemberian informasi  yang baik, semoga bermanfaat.

Scroll to top