Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Inilah Cara Membuat Hiasan Ruang Tamu Dari Barang Bekas

Mempunyai ruang tamu yang yang indah, menarik, elegan dan nyaman tentu impian setiap pemilik rumah ya. Namun untuk membuat ruang tamu yang bagus tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dana yang besar untuk membuat ruang tamu yang bagus, pastinya tidak semua orang mampu.

Sebetulnya dana atau uang bukanlah sesuatu yang penting untuk membuat ruang tamu yang cantik. Dengan otak kreatif Anda, pastinya lebih dari cukup untuk menciptakan ruang tamu yang menarik perhatian.

Asal Anda tahu banyak sekali bahan bekas yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam hiasan ruang tamu. Jika Anda bukan orang yang kreatif zaman sekarang tidak susah, langsung aja search di youtube hiasan ruang tamu yang ingin Anda buat.

Menghias ruang tamu dengan cantik tidak melulu harus membeli ya, jika bisa membuat kenapa tidak membuat sendiri. Selain itu dengan memanfaatkan bahan bekas yang sudah tidak digunakan tentu adalah salah satu cara cerdas untuk mengurangi sampah.

Table of Contents

Memangnya Seberapa Penting Hiasan Pada Ruang Tamu?

Pixabay.com

Hiasan ruang tamu sering sekali menguras pikiran, karena menemukan hiasan yang pas dengan gaya dan juga warna yang sesuai tentu sangat sulit. Apakah hiasan ruang tamu sangat penting? Secara estetika hiasan ruang tamu cukup punya andil dalam membuat ruang tamu yang nyaman dan juga elegan.

Ruang tamu dengan hiasan yang indah akan mampu memberikan kenyamanan bagi siapa saja tamu yang datang. Sebenarnya hiasan ruang tamu cukup beragam mulai dari hiasan pada meja, dinding, pojok ruangan dan masih banyak lagi.

Untuk hiasan pada meja tamu biasanya ada penutup meja atau taplak meja, vas bunga dan lain sebagainya. Untuk taplak meja sendiri terdiri dari berbagai macam motif, gaya dan juga warna. Sedangkan untuk vas bunga dan bunga sendiri biasanya menggunakan bunga palsu ataupun bunga asli contohnya tanaman kaktus.

Sedangkan untuk hiasan pada dinding ruang tamu cukup penting karena dapat membuat ruang tamu lebih menarik. Berbagai hiasan ruang tamu seperti lukisan, foto, gorden, berbagai hiasan bunga dan lain sebagainya.

Namun semua hiasan tersebut dapat dibuat dengan memanfaatkan bahan bekas. Misalkan untuk vas bunga dapat memanfaatkan botol plastik dan juga bubur koran, untuk bunganya dapat memanfaatkan plastic bekas yang selama ini menjadi sampah yang sulit untuk diuraikan, dan lain sebagainya.

Bagaimana tertarik membuat hiasan ruang tamu dari bahan bekas? Berikut ini beberapa kreasi hiasan yang dapat diletakkan pada ruang tamu dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak dipakai lagi.

Berbagai Macam Kreasi hiasan Ruang Tamu Dari Barang Bekas

Pixabay.com

Kreasi hiasan ruang tamu dari barang bekas sangat banyak dan sangat mudah untuk dibuat. Berikut ini adalah beberapa hiasan ruang tamu dengan memanfaatkan barang bekas yang pastinya dapat Anda buat di rumah ya:

Cara membuat Kursi tamu minimalis dari botol plastik bekas

Kursi adalah item yang erat dengan ruang tamu, bagaimana membuat kursi dari botol bekas? Membuat kursi dari botol bekas sangat mudah selain itu bahan yang dibutuhkan juga sangat simple dan mudah didapatkan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Botol plastik bekas: 10 buah
  • Lem: secukupnya
  • Kawat kecil dengan ukuran setengah meter

Cara membuat kursi botol bekas:

  • Bersihkan semua botol bekas yang akan digunakan untuk membuat kursi. Jika perlu warnai botol plastik tersebut lalu keringkan. Ingat warna harus sesuai dengan ruang tamu ya.
  • Tata dengan rapi semua botol plastik dengan gaya melingkar. Pastikan rekatkan botol plastik menggunakan lem atau kawat selama proses penyusunan.
  • Keringkan kursi botol plastik bekas dengan gaya minimalis dibawah sinar matahari. Agar terlihat lebih cantik berikan sarung kursi atau tambahkan bantal diatasnya ya.

Cara membuat Vas bunga dari bubur koran bekas

Membuat vas bunga dari bubur koran sangat mudah namun membutuhkan kesabaran dan keuletan dalam pengerjaannya. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat vas bunga dari bubur koran? Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Koran bekas: secukupnya
  • Botol plastik bekas ukuran 600 ml: 1 buah
  • Lem: secukupnya

Adapun cara membuat vas bunga dari bubur koran bekas adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bubur koran dengan cara rendam koran menggunakan air selama 24 jam. Pastikan tekstur bubur koran lembut untuk hasil vas lebih rapi dan halus.
  • Tiriskan bubur koran dan peras sampai sudah tidak ada kandungan air namun tetap basah.
  • Campur bubur koran dengan lem secara merata. Agar mudah mencampur lem dengan bubur koran, maka buat tekstur lem cair.
  • Siapkan botol bekas ukuran 600 ml dan potong sesuai ukuran vas yang ingin Anda buat.
  • Tempelkan sedikit demi sedikit bubur koran yang sudah dicampur dengan lem pada botol bekas tersebut dengan perlahan dan setipis mungkin sera merata.
  • Panaskan vas bunga tersebut dibawah terik matahari.
  • Setelah kering ulangi tahap ke-5 sampai membentuk vas dengan bentuk yang Anda inginkan.

Selain itu Anda juga dapat membuat berbagai macam hiasan bunga dari plastik bekas yang pastinya sangat mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit didapatkan. Meskipun menggunakan barang bekas, ruang tamu rumah Anda akan tetap terlihat menarik. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan berbagai barang bekas.

Scroll to top