Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

4 Fakta Menarik Sungai Yangtze yang Wajib Diketahui

Sungai ini adalah salah satu sungai yang terkenal di daratan Tiongkok. Terdapat banyak spesies yang hidup di cekungan Sungai Yangtze atau Yangzi ini. Bahkan tidak sedikit pula dari spesies tersebut yang telah terancam kepunahannya hingga saat ini. Hal ini merupakan salah satu fakta menarik yang layak diperhatikan oleh berbagai pihak. Lalu apa saja fakta menarik yang lainnya ? Mari simak ulasannya secara lebih lengkap berikut ini.

Fakta Menarik dari Sungai Ini yang Harus Anda Tahu

  1. Sungai Terpanjang di Asia

Sungai ini juga memiliki sebutan tersendiri dalam bahasa Mandarin. Sebutan tersebut adalah Sungai Chang Jiang yang memiliki arti sungai panjang. Memang pada kenyataannya, sungai ini memiliki panjang sekitar 6.397 km. Dengan panjang sungai tersebut, menjadikannya sebagai sungai terpanjang di kawasan Asia. Serta juga dikenal sebagai sungai terpanjang nomor 3 di dunia, setelah Sungai Nil di Afrika dan Sungai Amazon di Brazil.

  1. Tempat Lahirnya Budaya Tiongkok

Terdapat fakta lain dari sungai ini yang berkaitan dengan budaya di Tiongkok. Peran dari sungai terpanjang ini mirip dengan Sungai Kuning yang juga ada di sana. Setelah ditelusuri, diketahui bahwa peradaban yang ada telah ada sejak 27.000 silam di sana. Banyak budaya Tiongkok yang lahir di tepian sungai ini. Sebut saja budaya Bashu yang ada di Sinchuan, Wuyue di Jiangsu, Zheijiang, dan juga Shanghai. Serta budaya berupa Jinchu di Huabei dan Hunan.

  1. Tempat Bendungan Hidroelektrik

Fakta menarik lain dari Sungai Yangtze ini juga berkaitan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dimana di kawasan sungai terdapat bendungan hidroelektrik yang paling besar di dunia. Bendungan yang dimasud lebih dikenal dengan sebutan Three Gorges Dam atau Bendungan Tiga Ngarai. Terdapat tujuan tersendiri dari dibangunnya bendungan ini. Tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan banjir yang seringkali terjadi di tempat tersebut.

  1. Delta Sungai sebagai Tempat Terpadat

Delta dari sungai in merupakan tempat terpadat di kawasan Tiongkok. Tidak hanya terpadat, namun juga disebut sebagai tempat paling makmur di negara tersebut. Delta dari sungai terpanjang ini juga diketahui sebagai lumbung padi paling besar. Karena sekitar 70 % beras dan 50 % biji bijian di Tiongkok telah disuplai oleh kawasan tersebut. Tidak hanya itu, dari aliran sungai tersebutlah yang menyuplai pasokan air untuk penduduk yang bermukim di sekitarnya.

Tidak hanya memiliki beraga jenis satwa saja, sungai yang terpanjang di kawasan Asia ini juga memiliki beragam fakta menarik lainnya. Hingga saat ini, terdapat banyak hal yang dilakukan di kawasan sungai tersebut. Mulai dari sektor pariwisata, budaya, ekonomi,  hingga hal hal di bidang lainnya. Jika berkunjung ke Republik Rakyat Tiongkok, Anda berminat berkunjung ke sungai yang satu ini ?

Scroll to top