Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Ini Dia Rute Kereta Api Tawang Alun, Kereta Ekonomi Daop IX

Kereta api Tawang Alun adalah satu-satunya kereta yang melayani lintas Ketapang-Malang Kota lama dan sebaliknya. Layanan penumpang kelas ekonomi ini dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Kereta ini beroperasi di daerah operasi IX Jember

Rute Kereta Api Tawang Alun

Dari Stasiun Awal

Rute pergi kereta api Tawang Alun berawal dari stasiun Ketapang. Kereta ini menggunakan kode jadwal KA 334/335 Tawang Alun. Singkatnya, kereta ini memiliki rute Ketapang – Bangil – Malang Kota lama.

Dari Stasiun Akhir

Rute pulang kereta api ini berasal dari stasiun Malang Kota lama. Kode jadwal yang digunakan adalah KA 336/333 Tawang Alun. Secara garis besar kereta ini melalui rute Malang Kota lama – Bangil – Ketapang.

Fakta Kereta Api Tawang Alun

Pengganti Kereta Api Rengganis

Pada tahun 1990-an kereta yang beroperasi untuk melayani lintas Ketapang-Malang Kotalama adalah kereta api Rengganis. Layanan ini kemudian digantikan oleh kereta api Tawang Alun. Pergantian ini merupakan dampak penyederhanaan penumpang pada tahun 2003.

Berasal dari Nama Raja

Ada fakta menarik dalam penamaan kereta Tawang Alun. Nama kereta ini diambil dari nama Prabu Tawang Alun, yaitu Raja Blambangan. Kerajaan Blambangan sendiri merupakan cikal bakal Banyuwangi.

Kereta ini menggunakan lokomotif CC201. Jarak yang ditempuh sekitar 313,6 km. Dalam sekali perjalanan, rata-rata waktu yang ditempuh adalah 8 jam.

Scroll to top