Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Mengenal Apa Itu Slug dan Cara Pengaturannya di Website

Menjadi bagian dari permalink, para pemilik website harus mengenal apa itu slug untuk mengoptimasi website. Dalam pembuatan konten, slug adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Pembuatan slug juga menjadi bagian dari teknik SEO yang patut dipahami.

Pengertian dari slug adalah bagian permalink yang terletak di belakang nama domain. Penamaan slug biasanya merujuk pada konten yang dibahas dalam halaman. Secara default, slug adalah teks dengan huruf kecil yang dipisahkan tanda hubung (-) sebagai pengganti spasi di antara setiap katanya.

Ketika membuat konten dalam WordPress, sebenarnya slug sudah dibuat secara otomatis. Namun, slug default tidak selalu sesuai dengan konten yang dibahas. Sehingga, membuat slug sendiri sangat disarankan agar lebih SEO friendly.

Mengenal Apa Itu Slug dan Pengaturannya

Pixabay.com

Slug Page di WordPress

Setelah mengenal apa itu slug, sudah sepatutnya pemilik website mengetahui cara pembuatan atau pengaturannya di WordPress. Membuat slug page sebenarnya bukan masalah yang sulit. Apalagi, WordPress terbaru menghadirkan lebih banyak kemudahan.

Pertama, buka halaman WordPress yang ingin diedit. Klik bagian judul, secara otomatis permalink akan muncul. Kemudian, klik Edit dan tuliskan slug halaman. Yang terakhir, klik Save untuk menyimpan permalink yang baru.

Slug Post di WordPress

Untuk membuat slug post di WordPress, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka post atau Add New. Kemudian, tulis judul konten dan simpan sebagai draft awal. Setelah judul tersimpan, permalink default dari WordPress akan muncul.

Perlu diketahui bahwa pembuatan slug tidak perlu menunggu konten dipublikasikan. Sehingga, hanya dengan menulis judul, permalink default akan dimunculkan. Bagi yang ingin menggantinya, cukup klik Edit, lalu klik Save setelah melakukan perubahan slug.

Slug Kategori di WordPress

Bagi yang sudah memahami apa itu slug, pastinya tahu bahwa WordPress juga menghadirkan slug default untuk kategori. Untuk mengubah slug pada kategori, pertama masuk ke halaman Dashboard, kemudian klik Posts. Lalu, klik Categories, dan kategori default pun akan muncul.

Pilih kategori yang hendak diganti, lalu klik Edit. Kemudian lakukan perubahan kategori sesuai yang diinginkan. Klik Update untuk menyimpan perubahan kategori yang telah dilakukan.

Perubahan kategori juga bisa dilakukan dengan memilih opsi Quick Edit. Kemudian, ubah kategori sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, klik Update Category untuk menyimpan kategori yang baru.

Slug Tag di WordPres

Cara mengubah tag di WordPress tidak berbeda jauh dengan mengubah kategori. Pertama, masuk ke Dashboard, lalu klik Posts. Kemudian klik Tag dan pilih tag yang hendak diubah. Klik Edit, lalu lakukan perubahan slug tag yang diinginkan. Pilih Update Tag untuk menyimpan perubahan tag terbaru. Tag juga bisa diubah melalui opsi Quick Edit.

Slug Author di WordPress

Slug author dibuat sesuai dengan username dan tidak bisa diubah secara default. Sedangkan, tidak semua website memiliki satu author. Pada web-web tertentu biasanya memiliki banyak kontributor, sehingga banyak akun author yang dimiliki. Hal ini pula yang membutuhkan banyak slug author.

Meski tidak bisa diubah secara default, hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan plugin WordPress, yaitu Edit Author Slug. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke WordPress Plugin Directory. Kemudian, pada kolom pencarian, ketik Edit Author Slug. Setelah itu, lakukan install dan activate plugin.

Untuk mengganti slug author, masuk ke Dashboard terlebih dahulu. Klik Users, kemudian klik All Users. Pilihlah nama user yang hendak diubah, lalu klik Edit Author Slug dan masukkan slug yang diinginkan. Untuk menyimpan slug author yang baru, klik Update User.

Tips Membuat Slug SEO Friendly

Pixabay.com

Mengandung Keyword

Tidak hanya memahami apa itu slug, dalam mengelola website juga perlu tahu cara membuat slug yang SEO friendly. Rekomendasi pencarian dari mesin pencari muncul berdasarkan kata kunci. Maka dari itu, sudah semestinya slug mengandung keyword atau kata kunci.

Singkat dan Jelas

WordPress mengikuti pengaturan slug default berdasarkan judul konten. Maka dari itu, slug perlu diubah dengan kata yang singkat dan jelas. Selain memasukkan keyword, slug disarankan menggunakan kata penting saja yang sesuai dengan isi konten.

Hindari Penggunaan Tahun

Beberapa konten biasanya membahas tentang hal yang terkait dengan tahun tertentu. Namun, penggunaan angka tahun pada slug tidak disarankan. Meski tahun dicantumkan dalam judul, sebaiknya angka tahun tidak dimasukkan dalam slug.

Memahami apa itu slug adalah salah satu cara agar website lebih ramah SEO. Dengan demikian, website akan mendapatkan peringkat yang tinggi pada hasil pencarian. Selain pemilik web, saat ini telah tersedia jasa SEO seperti Atlanta SEO Company yang mampu membantu optimasi website. Selain itu, untuk optimasi off page SEO wesbite anda, percayakan pada ahlinya yaitu Push Rank.

Scroll to top