Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Siapa yang tidak tahu Universitas Gadjah Mada? Bagi calon mahasiswa pastinya sudah tidak asing lagi dengan kampus ini, salah satu universitas terbaik di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. Tapi sudahkah calon mahasiswa tahu mengenai apa itu IUP UGM? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Table of Contents

Sekilas Mengenai IUP UGM

IUP UGM atau International Undergraduate Program UGM adalah suatu program pendidikan kelas internasional yang disediakan Universitas Gadjah Mada di beberapa fakultas yang berbeda. Kelas internasional ini sudah dapat dipastikan memiliki beberapa perbedaan dengan kelas reguler.

Perbedaan ini bisa terlihat baik dari sistem perkuliahannya yang menggunakan standar internasional maupun dari biaya kuliah yang dibebankan jauh lebih mahal karena fasilitas khusus yang didapatkan mahasiswa, seperti kelas dengan pengantar bahasa Inggris serta proporsi dosen dari luar negeri yang lebih banyak.

Selain itu, atas dasar kerja sama Universitas Gadjah Mada dengan perguruan tinggi di luar negeri, mahasiswa yang mengikuti program ini berkesempatan untuk memiliki pengalaman studi di kancah internasional melalui program double degree.

Program gelar ganda atau Double Degree Program IUP UGM ini mengharuskan mahasiswa menyelesaikan setengah masa studinya di UGM dan setengahnya lagi di Universitas mitra. Misalkan untuk program studi yang lama masa studinya 4 tahun, maka 2 tahun dihabiskan di UGM dan 2 tahun sisanya dihabiskan di universitas lainnya.

Sehingga, ketika lulus nanti mahasiswa akan mendapatkan dua gelar yaitu sarjana dari UGM sekaligus gelar bachelor dari universitas tujuannya. Selain itu, exposure ini dapat juga berupa keikutsertaan mahasiswa pada perlombaan internasional, konferensi, pertukaran pelajar atau short course.

stocksnap.io

Jurusan Kuliah IUP UGM

Setelah membahas tentang apa itu IUP UGM, kini saatnya membahas jurusan apa saja yang bisa dimasuki dengan jalur ini. Perlu diketahui bahwa tidak semua jurusan kuliah masuk ke dalam program IUP UGM ini. Terdapat beberapa fakultas dengan jurusan berbeda yang bisa menjadi pertimbangan calon mahasiswa ketika akan memilih program kelas internasional. Jurusan kuliah apa saja yang masuk dalam program IUP UGM ini?

Berikut adalah beberapa fakultas yang menyediakan jurusan kuliah kelas internasional yang bisa calon mahasiswa pilih.

  1. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum menjadi salah satu fakultas yang membuka program IUP UGM. Untuk program studi yang disediakan Fakultas Hukum pada program ini hanya tersedia satu program studi yaitu IUP Law UGM. Beberapa materi pembelajaran yang akan diterima mahasiswa diantaranya terkait dengan ilmu hukum baik hukum perdata maupun hukum pidana, konsesi hukum internasional terutama terkait HAM. Biaya yang dibebankan untuk IUP UGM Fakultas Hukum ini per semester sekitar Rp 30.000.000,-.

  1. Fakultas Kedokteran

Sebagai salah satu fakultas yang paling terkenal di UGM, Fakultas Kedokteran juga menyediakan program kelas internasional yaitu IUP Medicine UGM. Lulusan dari program IUP ini diharapkan menjadi ahli di bidang kedokteran dengan integritas dan dedikasi yang tinggi. Biaya yang dibebankan untuk IUP UGM Fakultas Kedokteran ini untuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia per semesternya sekitar Rp 45.000.000,- dengan uang pendaftaran sebesar Rp 1.500.000,-. Sedangkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Indonesia per semesternya sekitar Rp 65.000.000,- dengan uang pendaftaran senilai USD 225.

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

IUP FEB UGM terdiri dari program sarjana 4 tahun di program studi IUP akuntansi, IUP manajemen, dan IUP ekonomi. Beragam jenis minat ditawarkan kepada para mahasiswa diantaranya adalah ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, ekonomi internasional, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, audit, keuangan, pemasaran, operasi, manajemen dan beberapa minat studi lainnya dengan kurikulum yang mencakup pengabdian masyarakat terutama untuk membangun desa yang tertinggal. Biaya yang dibebankan untuk IUP UGM Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini per semester sekitar Rp 25.000.000,-.

stocksnap.io
  1. Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi membuka program internasional hanya untuk satu program studi yaitu IUP Psychology UGM. Berbagai cabang dari ilmu psikologi akan diajarkan di kelas internasional ini dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Biaya yang dibebankan untuk IUP UGM Fakultas Psikologi ini per semesternya sekitar Rp30.000.000,- dengan uang pendaftaran sebesar Rp1.500.000,-

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas lain yang juga membuka program IUP UGM adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Biaya yang dibebankan untuk IUP UGM FISIP ini per semesternya sekitar Rp25.000.000,- dengan uang pendaftaran sebesar Rp1.000.000,-. Program IUP UGM FISIP menyediakan dua program studi yang bisa dipilih diantaranya adalah IUP HI UGM atau Hubungan Internasional dan IUP MKP UGM atau Manajemen Kebijakan Publik.

Bagi calon mahasiswa yang berminat masuk ke Program IUP UGM, maka calon mahasiswa diharuskan mengikuti beberapa tes masuk sebagai persyaratannya. Diantara tes yang perlu diikuti adalah tes potensial akademik (Gadjah Mada Scholastic Test/ GMST) dengan materi yang diujikan berupa verbal, quantitative dan reasoning, kemampuan dasar bahasa Inggris seperti TOEFL ITP, IELTS, Leadership Group Discussion, dan wawancara.

Itulah, sekilas mengenai program IUP UGM beserta fakultas dan jurusan kuliah yang bisa dipilih calon mahasiswa. Untuk membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk program ini, sudah banyak bimbel IUP UGM yang akan membantu.

Mengetahui Apa Itu IUP UGM
Scroll to top