Cara Membuat Bubur Singkong

Singkong masuk sebagai jenis umbi-umbian yang mempunyai kandungan karbohidrat sangat tinggi. Beberapa kota di negara Indonesia, singkong dijadikan sebagai makanan pokok. Namun ada juga yang menjadikan singkong sebagai cemilan yang sangat lezat, salah satunya seperti keripik. Untuk mendapatkan singkong tidaklah terlalu sulit, karena sudah banyak sekali dijual di pasaran.

Cara Membuat Bubur Singkong

Pixabay.com

Ada banyak jenis makanan yang bisa diolah dari bahan dasar singkong. Selain keripik singkong juga bisa dibuat bubur. Berbicara mengenai rasa, tentunya sangatlah lezat karena mempunyai tekstur yang lembut dan gurih. Namun hal ini tergantung bagaimana cara membuat bubur singkong. Bubur singkong mempunyai tekstur yang lembut dan gurih.

Ditambah lagi dengan kuah santannya yang kental, tidak hanya memberikan rasa yang lezat. Akan tetapi juga menjadikan perut terasa kenyang. Untuk proses pembuatan bubur singkong bisa mengikuti langkah sederhana berikut ini:

  1. Persiapkan Bahan-Bahan

Untuk bahan-bahan yang perlu dipersiapkan yaitu:

  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 650 ml air hangat
  • 2 sendok makan fiber crème (silahkan aduk merata 150 ml air)
  • 1 sendok makan gula pasir 150 gram, gula merah atau gula aren (iris halus)
  1. Lapisan Bagian Atas

Untuk membuat lapisan bagian atas Anda membutuhkan bahan-bahan seperti

  • Air hangat sebanyak 400 hingga 450 ml
  • 4 sendok makan fiber creme yang sudah diaduk merata
  • Daun pandan
  • 3 sdt tepung beras campur menggunakan sedikit air garam dan tambahkan vanili essence
  1. Langkah Pembuatan
  • Untuk proses pembuatannya Anda bisa merebus air, gula pasir, gula merah, serta daun pandan hingga gula larut.
  • Kemudian masukkan singkong yang sudah diparut ke dalam panci sambil disaring.
  • Lalu tambahkan garam dan larutan fibercreme.
  • Silahkan aduk hingga merata.
  • Saat memasak gunakan api yang kecil sambil diaduk terus-menerus sampai matang atau meletup-letup.
  • Apabila sudah matang, maka matikan api lalu tuangkan ke wadah.
  1. Cara Memasak Lapisan Bagian Atas
  • Untuk lapisan bagian atas Anda dapat mencampurnya di panci larutan fibercreme garam tepung beras dan daun pandan.
  • Silahkan aduk hingga merata.
  • Gunakan api yang kecil masak sampai mengental dan matang.
  • Anda dapat menambahkan sedikit vanili essence.
  • Jika sudah matang, matikan api dan tuangkan ke bagian atas lapisan bubur.

Manfaat Bubur Singkong Bagi Kesehatan

Pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa singkong mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu singkong juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu banyak para masyarakat yang mengkonsumsi singkong dengan berbagai olahan. Salah satunya seperti membuat bubur singkong.

Untuk manfaat yang bisa diperoleh yaitu seperti berikut:

  1. Dapat Menurunkan Resiko Penyakit

Kandungan nutrisi yang terdapat pada singkong ternyata bisa menurunkan resiko penyakit tertentu. Misalnya seperti kanker, artritis, diare, infeksi kulit, ketidak suburan, bahkan sampai permasalahan pada rambut seperti ketombe dan rontok.

  1. Menjadi Sumber Nutrisi

Banyak orang yang mulai menjadikan singkong sebagai makanan utama atau makanan pokok sebagai pengganti nasi. Selain harganya yang murah, ternyata kandungan singkong mempunyai nutrisi yang sangat banyak. Selain itu singkong juga mengandung karbohidrat lemak dan juga protein.

Di setiap negara pastinya proses pengolahannya berbeda. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, singkong juga dapat dijadikan sebagai bubur singkong seperti pembuatan bubur organik. Sumber energi singkong mempunyai kandungan berupa vitamin C, zat besi, dan niacin. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia supaya menjadi lebih berenergi.

Cara Mengolah Bubur Singkong dengan Aman

Walaupun singkong mempunyai banyak manfaat dalam memenuhi nutrisi dan sangat bagus bagi pencernaan, namun Anda juga harus mengetahui bahwa singkong ternyata juga dapat beracun. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sianida yang terdapat didalamnya. Sianida itulah yang dapat menjadikan diri seseorang mengalami sakit kepala, mual, hilang kesadaran, ataupun sulit bernafas.

Pada biasanya efek samping yang ditimbulkan tersebut terjadi karena diri seseorang yang salah dalam proses pengolahannya. Untuk cara membuat bubur singkong dengan baik dan benar, maka bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Pengupasan

Pengolahan singkong ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk proses pengupasan singkong maka pastikan bahwa singkong sudah terkelupas dari bagian akar singkong. Bagian inilah yang mempunyai konsentrasi sianida paling tinggi. Sehingga proses pengelupasan jangan asal-asalan.

  1. Direndam

Sebelum diolah menjadi bubur, maka singkong harus direndam terlebih dahulu. Untuk perendaman bisa selama 4 sampai 5 hari sebelum proses memasak dilakukan. Tujuan dari perendaman tersebut yaitu supaya dapat mengurangi adanya resiko keracunan substansi berbahaya.

  1. Proses Memasak

Supaya kandungan nutrisi pada singkong benar-benar terjaga dan terhindarkan dari keracunan, maka proses pengolahannya harus dilakukan dengan tepat. Untuk proses yang dimaksud yaitu singkong harus benar-benar diolah secara menyeluruh dan matang secara sempurna. Terlebih lagi Apabila Anda ingin membuatnya menjadi bubur singkong maka singkong bisa diparut terlebih dahulu dan memasaknya sampai benar-benar matang.

Supaya kandungan gizi pada singkong bertambah maka Anda dapat memadukan singkong dengan beberapa protein yang lainnya. Ternyata bubur singkong tidak hanya menyajikan rasa yang lezat saja, akan tetapi kandungan protein yang ditambahkan juga mampu menghilangkan kandungan sianida beracun yang terdapat pada singkong.