Cara Menjaga Penglihatan Bayi Baru Lahir Agar Tetap Sehat

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi orang tua jika melihat anaknya sehat. Apalagi bagi orang tua bayi baru lahir. Salah satu indikator kesehatan bayi ada pada mata. Apabila matanya kurang jernih atau berwarna kuning, hal tersebut bisa menunjukkan kondisi yang kurang sehat. Agar Bunda tidak perlu cemas dengan kesehatan mata bayi, berikut beberapa cara menjaga penglihatan bayi baru lahir.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Berikut beberapa tips untuk Bunda.

  • Memberikan ASI Ekslusif Selama Enam Bulan

Bayi baru lahir sangat memerlukan nutrisi langsung dari ibunya. Usahakan bayi mendapatkan ASI ekslusif secara enam bulan untuk mengoptimalkan kesehatan dan pertumbuhan bayi. Mengapa harus ASI dan bukan MPASI? Ada kandungan ASI yang tidak terdapat pada makanan apapun dan bayi juga memiliki kemampuan menyerap nutrisi lebih baik jika berasal dari ASI ibu. Dengan memberikan ASI ekslusif, kesehatan mata bayi akan lebih terjaga.

  • Menjaga Tingkat Kecerahan Ruangan

Tingkat penglihatan bayi masih sangat sensitif terhadap perubahan cahaya. Agar mata bayi yang baru lahir tetap sehat, atur kecerahan ruangan agar nyaman di mata. Usahakan ruangan tidak terlalu gelap maupun terang. Warna remang yang hangat cocok untuk mata. Bawa bayi ke luar rumah dengan cahaya matahari yang cukup agar si kecil juga mendapatkan vitamin dari sinar matahari di pagi hari. Dengan mengatur pencahayaan maka kemungkinan anak mengalami mata minus di usia dini bisa berkurang.

  • Memberikan Nutrisi yang Cukup untuk Bayi

Vitamin A sangat penting untuk menjaga penghilatan bayi. Oleh karena itu, pastikan si kecil mendapatkan asupan vitamin A yang cukup. Untuk bayi di bawah umur bisa dengan ASI. Bunda perlu mengkonsumsi banyak sayur dan buah sehat yang mengandung banyak vitamin agar si kecil juga mendapatkan nutrisi yang banyak. Jika sudah di atas 6 bulan bisa dengan MPASI dengan kadar nutrisi yang seimbang.

Itulah beberapa cara menjaga penglihatan bayi baru lahir agar tetap jernih dan sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.