Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

 

Siapa yang tidak kenal Gunung Merapi? Sangat populer di semua kalangan khususnya para pendaki, jalur pendakian Gunung Merapi merupakan salah satu pilihan lokasi yang menjadi favorit untuk kegiatan pendakian. Meskipun gunung ini masih termasuk dalam kategori gunung berapi aktif bahkan paling aktif di Indonesia, namun nyatanya hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri untuk mendakinya.

Gunung Merapi terletak di antara dua provinsi berbeda yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Yogyakarta. Secara administratif, lereng selatan gunung ini berada di kawasan Sleman dan DIY. Sementara sisanya masuk di kawasan Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian mencapai 2.930 mdpl.

Untuk pendakian menuju puncak Gunung Merapi ada tiga jalur yang bisa dilalui, yaitu jalur via Babadan, Kineharjo dan Selo. Akan tetapi kini dua jalurnya yaitu Babadan dan Kinerharjo tidak bisa lagi digunakan sehingga saat ini hanya tersisa jalur pendakian via Selo saja yang bisa dilalui oleh para pendaki Gunung Merapi.

Melakukan pendakian gunung Merapi melalui jalur selo tidak terlalu sulit karena track cukup mudah dan hanya beberapa titik saja yang medannya menantang. Namun meski begitu, kesiapan fisik dan mental tetap penting dijaga sebelum pendakian.

Jalur Pendakian Merapi, Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia
Scroll to top