Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Saat mendekati bulan Ramadhan, kurma akan menjadi camilan yang banyak dicari karena sering dijadikan sebagai bagian dari menu sahur dan berbuka puasa. Kurma adalah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Arecaceae, yaitu tumbuhan palma atau palem-paleman yang memiliki batang ramping dan mampu tumbuh tinggi.

Kurma adalah buah khas yang berasal dari kawasan gurun yang ada di timur tengah. Pohon kurma dapat tumbuh setinggi 15 hingga 25 meter dan dapat tumbuh berkelompok atau tunggal dengan satu akar yang sama.

Buah kurma dihasilkan oleh pohon kurma dan memiliki bentuk yang bulat lonjong atau silinder. Buah kurma dikenal dengan rasanya yang sangat manis dan berwarna kecokelatan. Buah kurma berbiji tunggal dan memiliki banyak sekali jenis dan kandungan gizinya.

Buah kurma memiliki banyak jenis. Di dunia ini, setidaknya ada 500 jenis kurma yang kemudian dijuluki sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa jenis kurma yang sering dikonsumsi di antaranya kurma sukari, kurma ajwa, kurma medjool dan kurma madu.

Selain beberapa jenis kurma tersebut, ada lagi jenis kurma yang rasanya dikenal paling nikmat di antara jenis kurma yang lain yaitu kurma Khalas. Kurma jenis ini sangat populer di Indonesia sehingga bisa diperoleh dengan mudah menjelang masuknya bulan suci Ramadhan. Kurma jenis ini dapat dinikmati saat berbuka maupun saat sahur.

Buah kurma yang dihasilkan dari pohon kurma Khalas memiliki ukuran yang sedang dengan warna buah cokelat kemerahan. Warna yang cokelat kemerahan pada jenis kurma yang satu ini tampak menarik dan menggoda karena warna buah kurma ini agak cerah dan tidak tampak kusam.

Selain warna atau tampilan fisiknya yang menarik, kurma jenis ini juga memiliki tekstur buah yang ideal, yaitu lembut dan lengket. Tak hanya fisik dan teksturnya yang disukai, kurma jenis ini juga memiliki rasa yang pas, yaitu rasa manis yang nikmat seperti karamel. Kurma jenis ini biasa dikonsumsi di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah sebagai buah sehari-hari.

Manfaat Kurma Khalas bagi Kesehatan

Kurma jenis ini memiliki banyak kandungan serta manfaat baik bagi kesehatan seperti melancarkan saluran pencernaan, mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan mata, meredakan nyeri otot serta mengatur tekanan darah.

  1. Melancarkan pencernaan

Kurma jenis ini kandungan gulanya tidak banyak meskipun memiliki rasa yang manis. Karakteristik ini menyebabkan kurma jenis ini sangat mudah untuk dicerna. Selain itu, kurma ini juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan pada tubuh karena adanya kandungan serat di dalamnya.

Serat inilah yang membuat kurma jenis ini dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan pada tubuh. Kandungan serat pada kurma juga dapat membantu tubuh dalam penyerapan kolesterol jahat sehingga kolesterol tersebut tidak mengendap pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan plak.

  1. Menjaga kesehatan mata

Mata adalah organ serta indera yang penting bagi manusia. Sayangnya, mata dapat mengalami gangguan kesehatan seperti berkurangnya kemampuan mata dalam melihat objek. Untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada mata, Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan atau suplemen yang mengandung vitamin A seperti sayuran wortel.

Selain wortel, kurma juga dapat digunakan sebagai alternatif camilan yang manis dan enak namun memiliki banyak manfaat. Kurma dari jenis Khalas  kaya akan antioksidan serta vitamin A sehingga mengonsumsi kurma jenis ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Mencegah anemia

Kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah dinamakan anemia. Gejala anemia umumnya adalah pusing dan tubuh terasa lemas sehingga aktivitas menjadi terhambat. Anemia dapat terjadi pada siapa saja namun rawan terjadi pada ibu hamil yang membutuhkan lebih banyak asupan zat besi. Anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi kurma jenis Khalas karena mengandung zat besi.

  1. Mengatur tekanan darah dan meredakan nyeri otot

Kurma jenis ini mengandung mineral lain selain zat besi, yaitu potassium atau kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah tubuh agar tetap di dalam batas normal. Kalium juga memiliki potensi untuk meredakan nyeri otot. Dengan kata lain, kurma jenis ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja dari dari berbagai kalangan usia.

Kandungan gizi kurma yang begitu banyak serta citarasanya yang lezat membuat camilan khas Timur Tengah ini hampir tak pernah absen saat bulan Ramadhan tiba. Camilan sehat berupa kurma dapat di peroleh dengan mudah salah satunya di tempat jual kurma Semarang.

Jenis kurma yang tersedia di tempat jual kurma Semarang salah satunya adalah kurma jenis Khalas yang terbilang unik karena buahnya dapat dinikmati dalam tiga fase yaitu kurma segar atau khalal, kurma matang atau rutab dan kurma kering atau tamr.

Kurma Khalas
Scroll to top