Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Kota Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Pulau Jawa. Sering pula disebut dengan Jogja, di kota tersebut Anda dapat menemui beragam jenis sajian lezat yang bisa dinikmati. Salah satu hidangan lezat dari kota dengan banyak tempat wisata ini adalah gudeg. Citarasa gudeg yang pas di lidah membuat sajian tersebut juga digemari oleh banyak orang. Anda pun dapat membuat sajian itu dari rumah dengan menggunakan resep gudeg nangka ini.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Gudeg

Jika Anda bosan dengan sajian instan yang banyak ditawarkan saat ini, ada baiknya untuk mencoba resep yang satu ini. Bahan yang diperlukan juga terbilang mudah untuk diperoleh. Anda membutuhkan 1 kg nangka muda, 200 gram daging sapi, 4 butir telur rebus, dan juga santan encer dari 250 gram kelapa parut. Sementara untuk bumbu halus yang diperlukan adalah 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, dan 6 butir kemiri yang telah disangrai.

Masakan Indonesia memang terkenal akan banyak rempah yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan hidangan berupa gudeg dari nangka muda ini. Anda membutukan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, gula merah, ketumbar, dan juga garam untuk dijadikan bahan rebusan pada resep ini. Ketumbar yang akan digunakan juga harus dihaluskan terlebih dahulu sehingga berbentuk bubuk sebelum digunakan pada resep gudeg nangka ini.

Langkah yang Dilakukan untuk Membuat Gudeg

Setelah semua bahan telah siap, Anda dapat mulai memasak hidangan khas masyarakat Jogja ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghaluskan bumbu halus yang telah disebutkan sebelumnya. Barulah kemudian jika semua bahan telah siap, Anda dapat mulai memasak semua bahan ke dalam panci. Masak semua bahan tersebut dengan api kecil kecuali telur. Untuk menghasilkan aroma yang unik, memasak dengan kayu juga bisa dicoba.

Tunggu beberapa waktu hingga air santan meyusut hingga separuhnya dari bahan bahan yang ada di panci tersebut. Setelah santan mulai menyusut, Anda dapat memasukkan telur rebus yang telah dikupas kulitnya ke dalam rebusan yang ada. Tunggu kembali gudeg tersebut hingga berubah menjadi berwarna gelap kecoklatan. Jika telah cukup kering, Anda dapat mengelurkan rempah lengkuas dan serai dari sajian yang dibuat dari resep gudeg nangka ini.

Banyak sajian yang akan Anda temui saat berkunjung di kota yang terkenal di Jawa ini. Salah satu sajian tersebut adalah gudeng dari nangka ini. Untuk dinikmati bersama dengan keluarga di rumah, Anda pun dapat membuatnya sendiri. Cara untuk membuat sajian kaya rempah ini juga terbilang mudah untuk dicoba. Namun untuk membuat ras agudek semakin lezat, Anda juga harus telaten dalam menunggu gudek tersebut menjadi benar benar matang.

Makanan Khas Jogja, Sudah Tahu Resep Gudeg Nangka yang Terkenal Akan Kelezatannya?
Scroll to top