Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Beberapa kalangan orang masih menganggap bahwa tanaman mangrove dengan tanaman bakau adalah sama, hanya berbeda istilah, namun anggapan tersebut salah. Mengrove memiliki akar kayu yang kokoh dan menyembul keatas, ia bahkan hampir nampak seperti semak belukar yang memisahkan daratan dan lautan.

Adapun tanaman bakau merupakan satu jenis tanaman yang biasa terdapat di hutan mangrove dengan nama latin genus rhizophira. Nama bakau sendiri berasal dari bahasa Indonesia yang juga digunakan oleh Malaysia, sedangkan mangrove berasal dari bahasa Portugis mangue.

Manfaat hutan mangrove

Melindungi pesisir dari bencana alam

Hutan mangrove bisa mencegah bencana alam berupa erosi dan abrasi yang dapat merusak pesisir pantai. Akar pohon-pohon mangrove yang berupa kayu menghujam keras kedalam lumpur dibawahnya sehingga ombak tertahan masuk ke daratan. Lebih jauh, kumpulan mangrove secara otomatis menghalangi ombak besar yang dapat memicu tsunami dan menyebabkan kerusakan lebih parah bagi lingkungan sekitar.

Penambah unsur hara

Unsur hara merupakan suatu dzat dalam tanah yang baik bagi pertumbuhan hayati tanaman dan hewan-hewan tanah. Dengan adanya hutan mangrove, lumpur-lumpur yang berasal dari hulu akan tertahan diantara akar-akar mangrove yang rapat. Proses ini sesungguhnya menciptakan manfaat nan saling menguntungkan. Air menjadi lebih jenih karena terbebas dari lumpur dan mangrove beserta seluruh biota didalamnya mendapatkan zat hara sebagai makanan.

Sarana pariwisata

Hingga saat ini, hutan mangrove banyak dijadikan sebagai sarana pariwisata yang cukup banyak diminati, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Wisata hutan mangrove biasanya berbentuk perjalanan berperahu yang mengasyikkan. Para wisatawan akan disuguhi pemandangan eksotis dari akar-akar yang dengan kokoh menopang batang dan ombak.

Selain itu, karakteristik hutan yang terdapat di wilayah peralihan antara daratan dan lautan merupakan suatu pengalaman unik dan menkjubkan. Manfaat berwisata ke hutan mangrove ialah menanamkan kembali kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam yang sudah memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia.

Demikian penjelasan mengenai manfaat hutan mangrove. Semoga bermanfaat.

 

Manfaat hutan mangrove
Scroll to top