Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

 

Perkembangan dan pertumbuhan si kecil menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu plah para orang tua.Pasalnya, perkembangan dan pertumbuhan si kecil hanya terjadi satu kali seumur hidup si kecil.Si kecil yang berusia di bawah 5 tahun disebut dengan naman balita ini sedang mengalami krisis pengenalan lingkungan.Pada fase ini, si kecil mengalami perkembangan yang pesat.

Perkembangan tersebut seperti perkembangan kognitif, bahasa, sensorik dan motoric maupun emosional. Di fase ini pula otak si kecil berkembang aktif dan ia akan menyerap semua informasi dan berbagai hal baru yang dialami.Untuk itu Anda para orang tua harus ekstra hati-hati dalam mendidknya. Berikut tips mendidik anak balita

  • Sabar

Tips mendidik anak balita yang pertama adalah dibutuhkanya kesabaran.Anda harus mendidik si kecil dengan penuh kesabaran. Hal ini dilakukan karena pada usia ini si belajar dengan cara meniru orang sekitar. Oleh karena itu berikan contoh yang baik untuk bisa si kecil tiru.Selain itu si kecil juga belum mengetahui mana yang benar dan salah, mana yang boleh dilakukan dan tidak.

 

Jadi wajar apabila si kecil melakukan kesalahan.Dalam tahap ini Anda dapat mengajarkan si kecil tentang sopan santun dan etika, seperti mengucapkan “terima kasih” saat ia mendapatkan sesuatu dan “maaf” saat ia melakukan kesalahan. Anda juga dapat mengajarkan tentang sikap konsisten.Panggil si kecil dengan menggunakan namanya agar si kecil dapat merasa di hargai.

 

  • Membacakan buku cerita

Membacakan buku cerita dapat melatih anak untuk suka membaca sejak dini.Selain itu si kecil juga diajarkan menjadi pendengar yang baik.Setelah membacakan cerita, Anda dapat memberikan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut. Hal ini bertujuan agar si kecil tahu bagaimana yang baik dan salah, dan apa yang boleh ia lakukan dan tidak saat nanti ia terjun di masyarakat.

 

  • Berilah apresiasi dan pujian

Berilah apresiasi dan pujian bila si kecil melakukan sesuatu yang baik atau mengikuti apa yang Anda minta dengan baik. Hal ini dilakukan agar si kecil akan merasa lebih bersemangat dan termotivasi melakukan kebaikan.

 

Mengetahui 3 Tips Mendidik Anak Balita Yang Tepat
Scroll to top