Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Pada bayi yang baru lahir, bunda seringkali akan menemukan perubahan suhu tubuh yang sangat signifikan. Bahkan, seringkali suhu tubuh ini tidak sama ketika diukur pada bagian tubuh yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Hal ini seringkali menyebabkan ibu merasa panik karena suhu tubuh anak. Untuk itu, sebagai ibu wajib mengetahui fakta-fakta terkait suhu badan normal bayi berikut ini agar tidak salah ketika mengambil tindakan pada si kecil.

Fakta Mengenai Suhu Tubuh Normal Pada Bayi

1. Suhu Paling rendah Bayi Berada di Bawah 36°C

Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa suhu tubuh paling rendah yang dimiliki bayi adalah sekitar 36° celcius. Seorang bayi normal, dilakukan pengukuran suhu yang dimasukkan ke dalam mulutnya. Dari pengukuran tersebut, didapatkan suhu 35,8° celcius. Suhu ini masih tergolong sangat normal untuk ukuran seorang bayi yang memang masih sering mengalami perubahan suhu tubuh.

Setelah bayi melakukan berbagai aktivitas seperti makan, bermain dan tidur suhu tubuhnya akan kembali mengalami perubahan. Biasanya penurunan suhu tubuh bayi akan terjadi pada sekitar tengah malam atau sekitar jam 2 dini hari. Pada saat inilah bayi akan mengalami titik suhu terendah yang berada dibawah angka 36° celcius. Namun, ketika si kecil sudah bangun pagi suhu tubuh normal bayi akan berangsur naik menjadi sekitar 36,1° celcius.

2. Suhu Bayi Berbeda Pada Setiap Bagian Tubuh

Akan ada suatu perbedaan ketika melakukan pengukuran suhu pada tubuh bayi. Suhu badan normal bayi pada bagian mulut memiliki kisaran suhu 35,8°C – 37,5°C. Pada bagian dubur bayi, suhu yang ada bekisar 36,6°C hingga 38°C. Di bagian ketiak suhu normal bayi pada kisaran 36,5°C sampai 37,3°C. Terakhir, pada bagian telinga suhu normal yang ada pada bayi berkisar 35,8°C sampai 38°C. Sehingga, secara umum suhu bayi masih dapat dikatakan normal pada 35°C-38°C.

3. Suhu Tubuh Bisa Berubah Tergantung Keadaan Sekitar

Fakta lainnya yang harus bunda ketahui adalah, suhu pada bayi dapat terus berubah-ubah. Hal ini dapat bergantung dari waktu pengukuran suhu, metode pengecekan, dan juga alat cek yang digunakan. Namun, yang dapat mempengaruhi naik turunnya suhu si kecil adalah suhu udara. Dalam cuaca yang panas, suhu tubuh si kecil juga akan meningkat. Begitu pula pada saat dingin, suhu si tubuh si kecil akan lebih rendah. Suhu juga akan meningkat ketika bayi mulai melakukan aktivitas.

Perbedaan yang sering terjadi pada suhu tubuh bayi, memang seringkali membuat sebagian orang tua panik. Orang tua khawatir jika si kecil akan mengalami demam, terlebih saat menemukan suhu bayi memiliki perbedaan di tiap bagian. Untuk itu, sebagai bunda siaga, ada baiknya anda mengetahui dengan detail ukuran suhu normal pada bayi. Sehingga, anda bisa menentukan langkah yang siaga dan tepat ketika suhu bayi terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

 

 

Sering Tidak Stabil, Berikut Fakta Mengenai Suhu Badan Normal Bayi
Scroll to top