Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Semua orang tua pasti akan merasa panik jika si kecil mengeluarkan feses berwarna hitam yang berbeda dari biasanya. Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab feses pada bayi berwarna hitam, mulai dari masalah makanan hingga masalah gangguan pada organ tertentu. Berikut penjelasannya kenapa feses bayi berwarna hitam yang wajib anda ketahui.

Mengganti Susu Formula

Umumnya, feses pertama yang dikeluarkan oleh bayi yang baru lahir berwarna hitam. Feses tersebut disebut mekonium yang berada di usus bayi sebelum dia dilahirkan. Biasanya feses tersebut dikeluarkan pada hari pertama setelah kelahiran si kecil. Sedangkan pada hari selanjutnya, warna feses memang masih gelap akan tetapi bukan berwarna hitam seperti sebelumnya.

Hal tersebut disebabkan karena pada saat itu si kecil sedang mengonsumsi zat besi dan kondisi tersebut tidak sering terjadi, namun sangat normal. Ketika bayi mulai mengonsumsi susu formula maka kondisi itu kerap kali terjadi jika anda sering melakukan pergantian merek susu formula. Karena kandungan antara produk susu formula satu dengan lainnya berbeda, sehingga hal tersebut menjadi alasan kenapa feses bayi berwarna hitam.

Sembelit

Ketika bayi sedang mengalami sembelit maka hal tersebut dapat mempengaruhi warna feses yang dikeluarkan oleh si kecil. Warna hitam dan tekstur keras pada feses menjadi salah satu pertanda bahwa si kecil sedang mengalami sembelit. Ketika kondisi tersebut terjadi maka anda bisa meningkatkan asupan cairan pada bayi, salah satunya dengan memberikan air putih minimal 150 ml per hari.

Sembelit yang dialami si kecil tidak dapat dibiarkan dan dianggap remeh karena dapat merusak dinding anus dan terjadi perdarahan. Jika anda sudah meningkatkan asupan cairan si kecil namun tidak ada perubahan, maka anda harus segera melakukan konsultasi dan periksa ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terlambat.

Terjadi Perdarahan Pada Saluran Cerna

Salah satu penyebab kenapa feses bayi berwarna hitam yaitu disebabkan karena terjadinya perdarahan pada saluran cerna. Hal tersebut mengakibatkan feses yang dikeluarkan mengandung darah dan berwarna gelap. Perubahan darah menjadi hitam disebabkan karena darah telah bereaksi dan bercampur dengan enzim pencernaan selama proses pencernaan berlangsung.

Hal itu harus selalu anda waspadai ketika si kecil mengeluarkan feses warna hitam tanpa disertai dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat membuat feses berwarna hitam. Gangguan kesehatan seperti penyakit hati atau terhambatnya suplai darah ke usus mungkin juga bisa menjadi penyebab mengapa feses yang dikeluarkan oleh bayi berwarna hitam.

Apabila bayi anda mengalami perubahan yang berbeda dari biasanya seperti warna feses yang berubah, maka ada baiknya jika anda melakukan pemeriksaan pada dokter anak. Jika dibiarkan terus-menerus, dikhawatirkan terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius sehingga dapat membahayakan keselamatan si kecil. Kenali tumbuh kembang pada si kecil agar anda dapat melihat perubahannya.

 

Yuk Cari Tahu Kenapa Feses Bayi Berwarna Hitam
Scroll to top