Cheung!

Unlocking the Arsenal: Explore Military Technology

Buah dengan warna kuning, daun yang lancip, dan juga permukaan yang bertekstur duri banyak sekali dikenal dengan nama Nanas. Tidak jarang buah ini juga disebut sebagai nenas. Jika diperhatikan, buah tropis ini punya banyak khasiat kesehatan. Namun, dibalik khasiat itu ternyata Daun Nanas juga bisa digunakan untuk bahan produk kreatif. Bahkan Anda mungkin tidak menyangkanya. Apa saja ide kreatif tersebut? Cek ulasan berikut ini.

Inilah Beberapa Ide Kreatif Nan Unik Pemanfaatan Daun Buah Nanas Yang Perlu Anda Tahu

  1. Limbah Daun Buah Nanas Sebagai Bahan Baku Besek

Bagi Anda yang belum tahu, Besek adalah kotak atau wadah anyaman yang biasanya terbuat dari bambu. Mencoba inovasi baru, anggota kelompok tani mengolah limbah daun buah tropis ini menjadi bahan baku besek. Cara pembuatannya, daun akan direbus agar lebih lunak. Kemudian dilanjut dengan mengupas dan membuang duri pada permukaannya. Setelah itu, daun akan dikeringkan selama 3 hari di bawah matahari sebelum dianyam jadi besek.

  1. Pembuatan Tas Anyaman Dari Daun Buah Nanas

Sama halnya dengan pembuatan besek, ide ini muncul sebagai solusi pengurangan limbah dan sebagai tambahan masukan para warga. Sampah daun nanas yang tidak terpakai diolah sedemikian rupa sehingga mampu menjadi bahan dasar tas anyaman. Caranya pun hampir sama, daun akan direbus, dikupas, dan dikeringkan. Tidak jarang pengrajin yang memberi warna tambahan dan kreasi anyaman agar hasil akhir semakin menarik dan laku besar.

  1. Serat Daun Buah Nanas Bisa Diolah Jadi Tali Dan Bahan Kain

Hal yang cukup menarik adalah pemanfaatan serat dari daun buah berwarna kuning ini. Bayangkan saja, ternyata serat daun yang bertekstur hasil dan berkualitas tinggi ini bisa diubah jadi tali yang kuat dan lebih baik. Bahkan, jika didukung peralatan yang mumpuni pengolahan serat bisa semakin canggih dan menghasilkan serat pembuatan kain. Hal ini cukup menarik, karena bahan kain yang dihasilkan akan bertekstur transparan.

  1. Pembuatan Kuas Dari Serat Daun

Jika dilihat dari penjelasan sebelumnya, serat daun buah nanas bisa digunakan untuk hal lain. Yang cukup menarik adalah daun nanas untuk kuas. Kuas cat, kuas lukis, dll. akan butuh rambut yang halus untuk hasil yang sempurna. Ternyata, serat daun ini juga bisa diolah dan dijadikan rambut kuas tersebut. Tekstur yang lembut, ketahanan yang kuat, dan juga kualitas serap yang baik menjadikannya sebuah bahan ideal pembuatan kuas.

Itulah beberapa ide kreatif yang bisa dibuat dengan menggunakan daun dari buah Nanas. Sering kali daun ini terbuang sebagai limbah, karena itulah masyarakat mulai mengkreasikannya. Ide pembuatan anyaman besek dan tas cukup menarik dan mudah dilakukan. Tidak hanya itu, daun berduri ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku tali, kain hingga kuas. Jadi bisa dibilang inovasi ini adalah solusi pengurangan limbah yang baik.

Yuk Intip 4 Ide Kreatif Dengan Menggunakan Daun Nanas
Scroll to top